Prof. Muh. Zamrun Gelar UHO Green Award – Kendari Pos
Nasional

Prof. Muh. Zamrun Gelar UHO Green Award


KENDARIPOS.CO.ID — Rektor Universitas Halu Oleo (UHO, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, M.Si.,M.Sc., dikenal sebagai pemimpin cerdas dan ulet. Inovasi tanpa batas sudah menjadi ciri khas seorang Prof.Muh. Zamrun. Jika sudah menabalkan visi, pantang tak direalisasikan. Bukan tanpa alasan, Prof.Muh. Zamrun punya mimpi besar untuk UHO yang lebih maju. Selama tiga tahun memimpin, berbagai karya telah ia persembahkan untuk Kampus Hijau Bumi Tridharma.

Prof. Zamrun
REKTOR UHO

Pembangunan berwawasan lingkungan untuk UHO, Indonesia dan dunia dikumandangkan melalui UHO Green Award 2020. Event itu sebagai langkah untuk meningkatkan peringkat di event UI GreenMatric. Namun jauh sebelumnya, Prof.Muh.Zamrun sudah pembangunan infrastruktur pro lingkungan, penataan parkir, pembangunan ruang terbuka hijau, kebijakan energi, dan transportasi dalam kampus.

UHO Green Award bukan hanya sebagai langkah untuk meraih target masuk peringkat 10 besar UI GreenMatric 2020. Lebih dari itu upaya untuk membumikan semangat Green Campus. Rektor UHO, Prof.Muh.Zamrun menegaskan civitas akademika UHO wajib berkontribusi mendukung UHO Green Award untuk mencapai visi masuk peringkat 10 besar UI GreenMatric.

“UHO Green Award ini akan berdampak terhadap penilaian UI Green Metric di tahun 2020 ini. Semoga kita bisa masuk dalam 10 besar pada ajang yang diinisiasi oleh UI ini,” ujar Ketua Kagama Sultra itu kepada Kendari Pos, Selasa (29/9) kemarin.

UHO Green Award merupakan adaptasi dari UI GreenMatric yang merupakan salah
satu perankingan perguruan tinggi tingkat dunia yang diinisiasi oleh Universitas Indonesia. Enam indikator penilaiannya yakni keadaan dan infrastruktur kampus, energi dan perubahan iklim, pengelolaan sampah, penggunaan air, transportasi, dan pendidikan.

Prof.Muh. Zamrun mencurahkan perhatiannya pada upaya mewujudkan lingkungan kampus yang hijau dan nyaman. Pembangunan infrastruktur tidak boleh mengabaikan prinsip-prinsip dasar lingkungan yang berkelanjutan. Areal kampus didesain agar menjadi lingkungan yang nyaman baik untuk civitas akademika UHO maupun pengunjung dari luar. Program yang pertama kali dilaksanakan di tahun 2020 ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya keberlanjutan lingkungan.

Ia menyadari bahwa kenyamanan menjadi faktor penting penunjang produktivitas. Apabila lingkungan terjaga, mahasiswa akan betah menjalani aktivitas akademiknya selama di kampus. Begitu pula para dosen dan tenaga kependidikan lainnya.

Selain persembahan pada aspek lingkungan kampus, pada bidang akademik, Prof.Muh.Zamrun menyediakan minimal 20 persen bangku kuliah gratis bagi mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu. Program bantuan pendidikan seperti beasiswa Bidikmisi, Adik Papua-Papua Barat, ADEM dan 3T, serta beasiswa dari sumber lainnya, telah banyak membantu anak-anak negeri mewujudkan impian menempuh studi di level perguruan tinggi.

Selama tahun ajaran 2019/2020, terhitung lebih dari 10 ribu orang atau 27 persen dari total mahasiswa UHO, telah menerima bantuan pendidikan tersebut.

“Kita berusaha agar institusi ini bisa berguna bagi masyarakat. Sinergi dengan pihak-pihak terkait kita jalin dengan harapan kegiatan yang dilakukan bisa membawa perubahan positif,” ujar Prof. Zamrun. (uli/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy