Pinjaman Pemkab Buton Disetujui – Kendari Pos
Buton

Pinjaman Pemkab Buton Disetujui


KENDARIPOS.CO.ID — Sejumlah mega proyek Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton dipastikan bisa terealisasi dalam satu hingga dua tahun ke depan. Pinjaman yang diusulkan Pemkab Buton sudah mendapat lampu hijau dari Pemerintah Pusat meski mendapat pengurangan dari angka usulan. Bupati Buton, La Bakry, dijadwalkan akan menekan nota kesepahaman (MoU) bersama Bank Sultra, Kamis (24/9) hari ini. Rp 148 Miliar akan disiapkan Bank Sultra sebagai mitra.

Bupati Buton, La Bakry

“Kita usulkan itu Rp 180 miliar, tapi Pemerintah Pusat hanya merekomendasikan 148 miliar. Tapi menurut kita itu sudah alhamdulilah. Bisa membiayai program strategis. Hari Kamis saya sudah di Kendari untuk MoUnya,” ungkap Bupati La Bakry, Rabu (23/9). Ia menambahkan, salah satu peruntukan dana tersebut adalah demi pembangunan jalan dan jembatan akses alternatif kendaraan tambang dari Kabungka, Kecamatan Pasarwajo menuju Lawele, Kecamatan Lasalimu.

“Dalam waktu dekat perencanaannya sudah akan dimulai. Kalau pembangunannya bisa menyeberang tahun tidak apa-apa,” tambahnya. Terpisah, Ketua DPRD Buton, Hariasi Salad mengatakan, pinjaman daerah merupakan salah satu solusi bagi program pembangunan bagi daerah yang anggarannya terbatas. Bahkan, ini bukan kali pertama Buton melakukannya. Sehingga tidak perlu ada kekhawatiran lagi soal mekanisme dan kemampuan pengembaliannya.

“Kita support karena ini untuk kepentingan masyarakat. Contohnya pembangunan jalan alternatif untuk kendaraan tambang. Selain jalan masyarakat kita terpelihara, itu juga bisa mendatangkan PAD,” katanya. Berikutnya, pinjaman juga diperuntukan bagi pembangunan jembatan di daerah terluar pulau Buton. “Beberapa desa kesulitan dalam pengembangan pertanian karena infrastruktur jalan dan jembatan belum memadai,” sambungnya.

Senada dengan itu, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Buton, Sunardin Dani mengaku pihaknya mendapat restu pusat untuk pinjaman itu karena alasannya jelas untuk kepentingan publik. “Ada infrastruktur yang akan kita bangun. Kemudian akan ada PAD karena rencana ada rehab mess Buton juga,” katanya. Sementara, pengembalian pinjaman itu akan diangsur selama lima tahun. (b/lyn)

Proyeksi Pinjaman Anggaran Pemkab Buton:

  • Usulan : Rp 180 miliar
  • Disetujui : Rp 148 Miliar
  • Mitra Perbankan : Bank Sultra
    Peruntukan Dana Pinjaman :
  • Pembangunan jalan dan jembatan akses alternatif kendaraan tambang dari Kabungka-Lawele.
  • Pembangunan jembatan di daerah terluar Pulau Buton.
  • Rehabilitasi Mess Buton
    *) Lama Pengembalian Kredit : 5 Tahun
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy