Pilkades di Buton Ditunda Hingga 2021 – Kendari Pos
Buton

Pilkades di Buton Ditunda Hingga 2021


KENDARIPOS.CO.ID — Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Buton akhirnya ditunda. Jadwal yang diagendakan semula akan digelar September ini, sempat diundur hingga akhir tahun. Namun setelah melalui jalur koordinasi yang cukup panjang, pesta demokrasi itu harus batal pada tahun ini. Diagendakan, akan digelar pada 2021 mendatang.
Wakil Bupati Buton, Iis Elianti, membenarkan hal itu. Kata dia, Kementerian Dalam Negeri sudah mengeluarkan edaran untuk menunda Pilkades tahun ini. “Keputusan itu tak bisa ditawar lagi. Nanti tahun depan baru digelar,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (14/9).

Iis Elianti

Untuk desa-desa yang sudah berakhir masa pemerintahan Kadesnya, Pemkab akan menggantinya dengan Penjabat. Agar roda pemerintahan dan pelayanan tetap berjalan sebagaimana mestinya. “Pakai Pj (Penjabat) kalau memang sudah habis masa jabatan Kadesnya,” sambung Buton-2 itu.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Buton, Murtaba Muru, mengatakan, pada awalnya, pihaknya begitu optimis bisa menggelar Pilkades serentak setelah keluarnya lampu hijau Pilkada serentak. Namun, setelah dikomunikasikan, Kemendagri tidak memberikan izin digelarnya pemilihan kepala desa itu.

Untuk diketahui, ada 22 dari 83 kepala desa Kabupaten Buton akan memasuki purna bakti tahun ini. Dalam postur APBD 2020, tertera nomenklatur anggaran Pilkades sebesar Rp 1 miliar lebih. Dana itu tidak bisa diserap dan akan diprogramkan kembali tahun depan. (b/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy