Petarung Pilkada Diumumkan 23 September – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Petarung Pilkada Diumumkan 23 September


KENDARIPOS.CO.ID –Tuntas sudah masa pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati. 18 bakal pasangan calon mendaftar sesuai jadwal yang ditentukan PKPU, mulai 4 hingga 6 September 2020.

Ketua KPU Sultra, Abdul Natsir Muthalib mengatakan tahap selanjutnya adalah tanggapan masyarakat, pemeriksaan kesehatan, penyampaian hasil pemeriksaan kesehatan, dan verifikasi syarat calon. Lalu dilanjutkan pemberitahuan hasil verifikasi, penyerahan perbaikan syarat calon, verifikasi perbaikan syarat calon dan penetapan paslon pada 23 September 2020. Lihat grafis.

Abdul Natsir Muthalib menjelaskan pengumuman dokumen perbaikan syarat calon juga disampaikan melalui laman KPU, dan dapat dicek langsung pada 14 hingga 22 September. “Paska pengumuman dokumen perbaikan syarat calon, maka selanjutnya dilakukan verifikasi dokumen perbaikan syarat calon tersebut mulai 16 sampai 22 September. Setelah itu baru ditetapkan pasangan calon dan pengundian serta pengumuman nomor urut setiap paslon,” kata Abdul Natsir Muthalib kepada Kendari Pos, Senin (7/9).

Sementara itu, KPU Koltim menerima pendaftaran bakal paslon bupati dan wakil bupati. Mereka adalah Tony Herbiansyah-Baharuddin (BersaTU) dan Samsul Bahri Madjid-Andi Merya Nur. “Selanjutnya bapaslon melanjutkan tes kesehatan,” ujar Suprihaty Prawaty Nengtias, Ketua KPU Koltim,Senin (7/9).

Terpisah, Kordiv Teknis KPU Koltim, Anhar mengatakan, pemeriksaan kesehatan (Rikkes) dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Bahteramas disertakan juga hasil swab masing-masing bakal calon yang telah dinyatakan negatif pada saat mendaftar di KPU.

Anhar menjelaskan, bakal paslon akan melakukan pemeriksaan kesehatan yaitu sehat jasmani, rohani dan bebas narkotika pada tanggal 4 sampai 11 September 2020. Dimana hasilnya akan disampaikan ke KPU Kolaka Timur oleh Tim dokter pemeriksa IDI, HIMPSI dan BNN, pada tanggal 12 sampai 13 September 2020, kemudian tahapan yang juga berlangsung dalam pencalonan ini adalah pengumuman dokumen pencalonan dan syarat calon dilaman KPU untuk mendapat tanggapan masyarakat.

Pilkada Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) dipastikan diikuti empat bakal paslon. Mereka adalah petahana Amrullah-Andi Muhammad Lutfi, Musdar-Ilham Jaya Maal, Muh. Oheo-Muttaqin Sidik dan Abdul Halim-Untung Taslim. Berkas mereka dinyatakan lengkap oleh KPU.

“Saat ini, menunggu tanggapan masyarakat, kami buka selama empat hari. Sampai hari ini (kemarin, red). Belum ada tanggapan masyarakat yang masuk,” kata Iskandar, Ketua KPU Konkep, Senin (7/9). (m6/kus/san/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy