Pergantian Nama Rumah Sakit Pemkab Muna Diwacanakan, Tokoh Usul Nama dr. LM. Baharuddin – Kendari Pos
Muna

Pergantian Nama Rumah Sakit Pemkab Muna Diwacanakan, Tokoh Usul Nama dr. LM. Baharuddin

KENDARIPOS.CO.ID — Perubahan nama rumah sakit milik Pemerintah Kabupaten (pemkab) Muna mulai diwacanakan sejumlah tokoh masyarakat. Institusi kesehatan itu diusul berganti nama dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) menjadi Rumah Sakit dr. LM. Baharuddin. Alasan usulan itu sebagai penghargaan pada seorang dokter yang berhasil menjadi kepala daerah sekaligus menginisiasi pembangunan fasilitas kesehatan berstandar nasional di Muna.

Wacana itu diusulkan oleh Djohan Boy, Tokoh Masyarakat di Muna. Mantan Ketua Kadin Muna itu menyebut penyematan nama dr. LM. Baharuddin pada Badan Layanan Umum (BLU) Rumah Sakit dianggap layak dan cukup rasional. Menurutnya, tokoh yang diabadikan namanya pada fasilitas umum karena jasanya dinikmati oleh mayoritas masyarakat. “Saya rasa usulan ini perlu dipertimbangkan oleh Pemkab maupun DPRD Muna,” katanya, akhir pekan lalu.

Mantan Ketua PSSI Kabupaten Muna itu menilai sosok dr. LM. Baharuddin merupakan figur yang jarang dijumpai di tanah air. Pasalnya, tidak banyak orang dengan profesi dokter yang berhasil mencapai karir kepala daerah. Alasan berikutnya juga karena semasa menjabat sebagai Bupati Muna periode 2010-2015, dr. LM. Baharuddin juga berinisiatif membangun rumah sakit modern di Kota Raha sebagai layanan publik yang representatif untuk masyarakat. Meskipun, operasionalisasi rumah sakit itu baru terwujud di era penggantinya, LM. Rusman Emba.

“Dua alasan itu cukup kuat. Saya pun merasa usulan ini akan diterima karena cukup rasional,” paparnya. Lagipula, menurut tokoh yang menjabat Dewan Penasihat Golkar Muna itu, penyematan nama seseorang pada institusi rumah sakit bukan hal baru. Misalnya, di Semarang, Jawa Tengah dengan RSUP Kariyadi, RS. Hasan Sadikin di Bandung, Jawa Barat. Kata dia, usulan itu diharapkan bisa ditanggapi serius oleh Pemkab dan DPRD. Sebab menurutnya, jika terealisasi maka akan menjadi kebanggaan Muna karena mau mengapresiasi putra daerahnya. “Ini bukan alasan apa pun, selain sebagai wujud apresiasi dan penghargaan atas dedikasi dr. LM. Baharuddin atas jasanya selama memimpin,” imbuhnya. (c/ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy