Pengumuman Para Kampiun Lomba Video, Fotografi dan Jingle PNKJ – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Pengumuman Para Kampiun Lomba Video, Fotografi dan Jingle PNKJ

Sosialisasi keselamatan jalan yang dilakukan oleh BPTD Wilayah XVIII Sultra melalui beragam lomba telah selesai melewati tahap penjurian. Diantaranya adalah lomba video pendek, lomba jingle keselamatan jalan dan lomba fotografi. Diharapkan karya-karya yang telah dibuat oleh para peserta dapat menginspirasi masyarakat luas agar lebih peduli lagi terhadap keselamatan ketika akan berkendara di jalanan.
“Sosialisasi semacam ini rutin dilakukan. Tujuannya agar meningkatkan kesadaran masyarakat umum hingga anak usia dini, untuk lebih memperhatikan pentingnya keselamatan berlalu lintas. Prilaku berlalu lintas yang baik dan benar menyelamatkan diri sendiri juga orang lain, ungkap BPTD Wilayah XVIII Sultra melalui Staf Seksi sarana prasarana, Hermawan.

KENDARIPOS.CO.ID — Kondisi pandemi Covid-19 tak menghalangi Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XVIII Sultra mengampanyekan keselamatan jalan dalam Pekan Nasional Keselamatan Jalan (PNKJ) tahun 2020. BPTD Sultra menggandeng Kendari Pos menggelar lomba secara virtual. Lomba yang digelar bertema keselamatan jalan dalam bentuk video pendek, fotografi dan jingle.

Antusias dan kreativitas masyarakat sangat tinggi dan membuat dewan juri butuh waktu lama menentukan sang juara. Meski karya yang dinilai diserahkan peserta secara virtual namun proses penilaian berlangsung objektif. Hasilnya, setiap kategori lomba punya kampiun. (Lihat grafis).

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XVIII Sultra, Benny Nurdin Yusuf melalui staf Seksi Sarana Prasarana, Hermawan menjelaskan sosialisasi dan kampanye keselamatan jalan rutin dilakukan. Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan anak usia dini akan pentingnya keselamatan jalan dalam berlalu lintas. Sebab, perilaku berlalu lintas yang baik dan benar menyelamatkan diri sendiri dan orang lain.

“Karena kondisi di tengah pandemi Covid-19, lomba-lomba yang mengandung edukasi terkait keselamatan jalan diadakan secara virtual. Kami berharap melalui lomba ini, masyarakat semakin peduli pentingnya keselamatan jalan dalam menekan angka kecelakaan lalu lintas (lakalantas),” ujar Hermawan usai pengumuman pemenang di Graha Pena Kendari Pos, Minggu (13/9) kemarin.

Tiga lomba yang diadakan diikuti puluhan peserta se-Sultra. Karya peserta diunggah di instagram masing-masing. Para peserta lomba jingle, videografi dan fotografi digelar dalam rangkaian Pekan Nasional Keselamatan Jalan (PNKJ) yang digelar BPTD Wilayah XVIII Sultra dan Kendari Pos.

Manager Event Organizer Kendari Pos, Nursyamsi Abidin mengungkapkan, masyarakat Sultra antusias menunjukkan kreativitasnya melalui lomba yang diadakan. Sejak lomba dimulai 21 Agustus lalu, peserta berlomba mengunggah hasil karya mereka. Menurutnya setiap peserta yang meraih gelar juara satu, dua, dan tiga akan mendapatkan uang tunai, trofi, piagam dan souvenir.

“Pada tahap penjurian, saya melihat para dewan juri kesulitan menentukan siapa yang terbaik. Ini membuktikan semua peserta memiliki kualitas dan kreativitas tinggi. Namun pada pokoknya, intisari dari perhelatan lomba ini, yakni menggaungkan sosialisasi maupun edukasi keselamatan jalan kepada masyarakat,” kata Nursyamsi Abidin.

Rahmad Ladae, selaku tim juri lomba fotografi mengatakan kreativitas masyarakat Sultra sangat tinggi. Terlihat dari 72 hasil karya-karya foto yang diunggah di akun instagram. Rahmad menjelaskan, fokus penilaian selain harus sesuai tema, karya foto harus mengandung pesan terkait keselamatan jalan dan berlalu lintas.

“Karya peserta rata-rata bagus sehingga kami kesusahan menentukan siapa juaranya. Namun terpenting bukan menang atau kalah tapi bagaimana kita bisa bersama pemerintah aktif menyosialisasikan dan menerapkan keselamatan berkendara,” ujar Rahmad.

Juri lomba video pendek, Zainal Ashar mengatakan untuk video sendiri diikuti sebanyak 10 peserta. Dari sepuluh peserta tersebut terpilihlah tiga juara. Zainal mengapresiasi hasil karya para peserta. Menurutnya, peserta punya karya terbaiknya. “Sehingga kami juri membutuhkan waktu lama untuk menentukan pemenangnya,” ujar Zainal.

Juri lomba jingle, Muhammad Iqbal Piagi mengapresiasi lomba yang digelar BPTD dan Kendari Pos dalam rangka PNKJ tahun 2020. Sebab sangat penting untuk saling mengingatkan dan mengedukasi sesama. “Apapun yang terbaik yang didedukasikan kepada kita semua mengenai keselamatan jalan wajib disosialisasikan bersama. Selain edukasi mengenai tertib berlalu lintas, lomba ini mengasah kreativitas masyarakat,” ujarnya. (m2/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy