Penentu Kelulusan CPNSD : Nilai SKB 60 Persen, SKD 40 Persen – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Penentu Kelulusan CPNSD : Nilai SKB 60 Persen, SKD 40 Persen

KENDARIPOS.CO.ID — Para pencari kerja berkutat dalam seleksi kompetensi bidang (SKB) CPNSD yang dimulai 1 September ini hingga 12 Oktober 2020. Mereka telah meretas asa sejak seleksi kompetensi dasar (SKD) hingga sampai pada tahap penentuan dalam tes SKB.

Di Sultra, setiap daerah secara umum telah menggelar SKB. Sebagian daerah akan menggelar SKB Oktober nanti. Sesuai jadwal nasional pengumuman akan dilaksanakan akhir Oktober 2020. Asa sudah diretas, kini mereka menatap Nomor Induk Pegawai (NIP) setelah pengumuman pada akhir Oktober nanti.

Kepala BKD Sultra, Zanuriah menjelaskan teknis pelulusan CPNSD. Nilai SKB dan seleksi kompetensi dasar (SKD) akan diintegrasikan sebagai nilai akhir untuk menentukan kelulusan peserta menjadi PNS. “Nilai hasil SKB punya kontribusi terbesar untuk menentukan kelulusan CPNS. Kontribusi nilai SKB sebesar 60 persen dari total penilaian. Kemudian 40 persen dari nilai SKD,” ujar Zanuriah kepada Kendari Pos, Selasa (15/9) kemarin.

Kata dia, hasil nilai SKD dan SKB nantinya akan diintegrasikan untuk menentukan siapa yang akan lolos sebagai PNS. “Untuk pengumuman akhir akan dilakukan setelah kami akumulasi semua data. Admin provinsi dan pusat sudah bekerja. Jadi kami ini tinggal menunggu panggilan verikasi nilai dari pemerintah pusat. Kami dan pusat sudah ada nilai. Jadi nilai yang ada di sana pasti akan sama dengan nilai yang ada pada kami (provinsi),” urai Zanuriah.

Menurutnya, jika nilai peserta sudah cocok dengan pemerintah pusat, maka akan dituangkan dalam berita acara. “Karena semua provinsi berkumpul di BKN pusat. Saat ini kami menunggu pemanggilan, karena disaat kami berangkat ke BKN, sudah ada admin dan kepala bidang kita untuk cek bersama. Setelah rampung maka kita akan umumkan, kemudian dilakukan pemberkasan untuk penetapan NIP,” ungka Zanuriah.

Jika secara nasional seleksi SKB rampung, maka Panselnas dan Panselda akan merampungkan nilai. Lalu, diumumkan pada akhir Oktober. “Rencana penetapan NIP pada awal bulan November,” pungkas Zanuriah.

Pemkot Kendari melaksanakan tes SKB mulai 13 hingga 16 September 2020.
SKB diikuti 269 peserta. Sekira 250 peserta mengikuti SKB CPNS di Kota Kendari, 19 orang mengikuti SKB di daerah domisili masing-masing.

Sekretaris Daerah Kota Kendari, Hj. Nahwa Umar berharap tes SKB melalui sistem (Computer Assisted Test) dapat menghasilkan PNS berkompeten, memiliki integritas dan berkualitas untuk membantu kinerja Pemkot Kendari.

“Hasil tes CPNS setiap tahun kualitasnya sangat bagus, karena itu kami berharap dari seleksi CPNS kali ini mampu melahirkan PNS yang bisa mengerjakan tugas-tugasnya dengan baik,” ujarnya, kemarin.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Kendari, Susanti mengatakan tes SKB yang dimulai 13 hingga 16 September 2020 terbagi dalam sembilan sesi tes. 250 orang mengikuti tes di Kota Kendari, selebihnya mengikuti SKB secara online di Ternate, Gorontalo, Banjarmasin, Palu, Palangkaraya, Makasar, Surabaya dan Bandung. “Kuota CPNSD untuk Kota Kendari sekira 94. Formasinya 19 orang tenaga pendidik, 31 tenaga kesehatan dan 44 teknis lainnya,” kata Susanti. (rah/m6/m2/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy