Pemprov Siapkan BTT Tangani Pandemi – Kendari Pos
Metro Kendari

Pemprov Siapkan BTT Tangani Pandemi


KENDARIPOS.CO.ID — Pandemi corona menjadi perhatian serius Pemprov Sultra. Tak heran, Pemprov tak sungkan-sungkan mengalokasi anggaran yang cukup besar untuk untuk memutus rantai penyebaran virus asal Wuhan, Tiongkok ini. Kini, Pemprov berencana menambah alokasi anggaran Belanja Tidak Tetap (BTT) untuk penanganan covid-19.

Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sultra, Nur Endang Abbas mengatakan telah menyiapkan anggaran BTT sebesar Rp 115 miliar. Sebab anggaran ini sewaktu-waktu bisa digunakan termasuk keperluan penanganan virus corona.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sultra, H. Nur Endang Abbas

Jika ditotalkan anggaran penanganan covid di Sultra sambung mantan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sultra ini, mencapai Rp 415 miliar. Sebab dana yang direfocussing untuk penanganan pandemi sebesar Rp 300 miliar. Saat ini, Pemprov menduduki urutan kedua penggunaan anggaran penanganan covid-19.

“Sesuai laporan, progres penggunaan anggaran telah di atas 70 persen. Makanya, Sultra masuk provinsi penanganan covid-19 terbaik. Kalau tambah BTT untuk keperluan covid, saya kira masing cukup. Karena di kesehatan juga masih banyak anggaran,” katanya saat menggelar konfrensi pers di aula rapat Kantor Gubernur Sultra, Rabu (23/9).

Diakuinya, ada beberapa agenda bantuan sosial (Bansos) yang tidak dilaksanakan sebab terlanjur disalurkan pemerintah pusat. Untuk menghindari tumpang tindih bansos, dananya dialihkan untuk kelengkapan alat pelindung diri (APD) dan alat kesehatan (Alkes).

“Hari ini (kemarin), kami telah mengutus direktur rumah sakit (RS) untuk ke Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI memintah APD dan alkes lainnya. Sebab ketersediaan Alkes kita sudah terbatas untuk semua komponen,” ujar Nur Endang Abbas.

Di sisi lain, pihaknya meminta arahan pemerintah pusat tentang substansi perubahan anggaran 2020. “Yang mana anggaran yang lain bisa distop dan diskip. Tapi untuk covid tetap harus ada secara menyeluruh,” terangnya.

Jendral ASN ini meminta masyarakat agar patuh pada protokol kesehatan (Prokes). Apalagi beberapa tenaga kesehatan sudah terpapar Covid-19. “Mari kita bersatu padu semua untuk kemudian mengedukasi masyarakat dengan cara kita masing-masing yakni disiplin prokes. Jadi kita himbau dan mari kita semua bergerak untuk mengedukasi masyarakat,” ajaknya. (b/rah)

Penanganan Covid-19 di Sultra
Anggaran Refocusing Rp 300 Miliar
Anggaran BTT Rp 115 Miliar

-Bantuan Sosial (Bansos)
-Peralatan Kesehatan (Alkes)
-Alat Pelindung Diri (APD)
-Kebutuhan Penanganan Covid Lainnya

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy