Pemkot Kendari Tangani Genangan Air di Wundudopi – Kendari Pos
Metro Kendari

Pemkot Kendari Tangani Genangan Air di Wundudopi

KENDARIPOS.CO.ID — Satu persatu kawasan yang kerap menjadi langganan banjir di Kota Kendari terus ditangani. Kali ini, giliran warga yang tinggal di sekitaran jalan DI Panjaitan Kelurahan Wundudopi. Tahun ini, Pemkot Kendari telah mengalokasikan anggaran memperbaiki saluran drainase sepanjang satu kilometer (km).

ASWIDO
KABID CIPTA KARYA DINAS PUPR KOTA KENDARI

“Kita akan perbaiki drainase dan duiker yang ada. Kita akan tambah elevasinya (kedalamannya) sehingga air nantinya bisa lancar dan langsung bermuara di sungai wanggu. Anggarannya, Rp 450 juta,” beber Aswindo, Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Kota Kendari kemarin.

Perbaikan dueker dan drainase kata dia, merupakan penangan jangka pendek. Untuk jangka panjangnya, pihaknya bakal membuat kolam retensi skala kecil dikawasan hulu. “Tapi sebelum kita action, tentunya kita harus izin pada Balai Pelaksanaan Jalan XXI Kendari sebab mereka yang punya jalan. Akan tetapi karena ini juga menyangkut hajat hidup orang banyak, tentunya pemkot memiliki tanggungjawab untuk melakukan pembenahan. Kita butuh petunjuk. Yang jelasnya kita akan segera memulai pembangunannya,” kata Aswido.

Ia menyebutkan ada dua permasalahan yang menyebabkan kawasan tersebut selalu tergenang. Pertama, disebabkan rusaknya kawasan hutan di belakang TPA Puuwatu sehingga resapan air kurang baik yang menyebabkan debit air bertambah ketika hujan turun. Hal tersebut diperparah dengan sedimen lumpur yang ikut bersama aliran air hujan.

Permasalahan kedua, disebabkan ukuran plat duiker milik warga yang dibuat sangat rendah. Hal tersebut kata Aswido, sangat menanggung aliran air dan lumpur yang datang ketika musim penghujan tiba. “Plat yang dibangun warga sangat rendah, ada juga yang patah dan jatuh kebawah sehingga menghalangi aliran air,” ungkapnya. (b/adv/ags)

Luas Genangan Air
2018 2.200 Hektar
2019 1.725 Hektar
2020 Masih Didata (Diprediksi Berkurang)

Penanganan Banjir
Bangun Drainase di 60 Titik Rawan Banjir
Lokasi di 11 Kecamatan
Panjang 4 s.d 6 Km
Progres Capai 60 Persen
Ditargetkan Rampung Desember 2020

Sejumlah Proyek yang Masih Berlangsung
Drainase Jalan Manggis Jalan Torada di Kelurahan Bende
Drainase Lorong Perkuburan Anduonohu
Drainase Lorong Jambu Anggoeya
Drainase Jalan Dangga Puuwatu.

Bangun Jalan Pemukiman
80 Ruas Jalan Pavin Blok
Panjang 4 s.d 8 Km
Program 46 Persen
Ditargetkan Rampung Desember 2020
Diperkirakan Bertahan Puluhan Tahun

Penanganan Genangan Air di Wundudopi

  1. Jangka Pendek
    -Perbaikan Duiker dan Drainase
    -Panjang 1 Km
    -Anggaran Rp 450 Juta
  2. Jangka Panjang
    -Pembangunan Kolam Retensi Skala Kecil di Hulu
    -Rekomendasi Izin Balai Pelaksanaan Jalan XXI Kendari
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy