Pemkot Baubau Kembangkan Industri Perikanan – Kendari Pos
Bau-bau

Pemkot Baubau Kembangkan Industri Perikanan

Wali Kota Baubau, AS Tamrin (kanan) saat menyerahkan dokumen rencana pembangunan industri perikanan di otoritanya yang diterima langsung Mentrei Kelautan dan Perikanan, Edy Prabowo


KENDARIPOS.CO.ID — Memaksimalkan pertumbuhan ekonomi melalui sektor kelautan dan perikanan yang digagas Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau mendapat respon baik dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Lembaga Pemerintah Pusat itu memberi sinyal positif untuk membantu mengembangkan potensi daerah tersebut. Wali Kota Baubau, AS Tamrin meminta dukungan semua pihat untuk terlaksananya pembangunan industri perikanan di otoritanya.

“Alhamdulillah hasil pertemuan kita bersama Menteri Kelautan dan Perikanan, Edy Prabowo tentang rencana pembangunan industri perikanan direspon baik. Selanjutnya mari kita bersama-sama mendukung terealisasinya pembangunan industri itu,” kata AS Tamrin, Senin (31/8). Di hadapan Menteri Kelautan dan Perikanan, Wali Kota Baubau dua periode itu memaparkan seluruh potensi laut daerahnya. Mulai dari budi daya lobster dan udang vename yang memiliki nilai jual tinggi, hingga keberadaan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) dan Pelabuhan Perikanan. Ditambah dengan wisata bahari. Semua itu kompleks dalam menunjang pembangunan industri peri kanan di Baubau. “Penataan Pulau Makasar dapat menjadi wisata bahari,” katanya.

Menurut Baubau-1 itu, potensi perikanan yang ada cukup menjanjikan di masa-masa mendatang. Apalagi didukung dengan letak Kota Baubau yang strategis. Atas dukungan dari KKP RI untuk pembangunan industri perikanan dapat menjadi penggerak pembangunan ekonomi di wilayahnya. Ia akan melakukan usulan sejumlah rogram. Diantaranya pengembangan kawasan industri perikanan terpadu di sepanjang pesisir Kelurahan Wameo, Tarafu dan Kelurahan Bone-Bone. Selanjutnya rencana usulan pada 2021 di kawasan industri perikanan meliputi pengadaan cool storage untuk menunjang operasional TPI Wameo. Ditambah usulan revitalisasi pabrik es TPI Wameo. “Kemudian dari sektor budi daya, kita akan meminta dukungan sarana dan prasarana budidya laut, air tawar dan air payau,” pungkas AS Tamrin. (b/ahi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy