Pemkab Muna Terima Dua Bantuan dari Kementerian – Kendari Pos
Muna

Pemkab Muna Terima Dua Bantuan dari Kementerian

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna menerima tambahan sarana pengolahan sampah dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Selain itu ada paket bantuan tambahan jumlah penerima manfaat program Indonesia pintar (PIP) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dua program pusat tersebut diserahkan langsung Anggota DPD RI, Wa Ode Rabia Al Adawia. Sarana pengolahan sampah yang diterima Pemkab meliputi mesin pencacah sampah, mesin press sampah dan mesin kompos masing-masing 5 unit. Sarana lain juga diantaranya 10 gerobak sampah dan 30 buah tong sampah plastik. Bantuan itu diserahkan di kantor Dinas Lingkungan Hidup dan selanjutnya diberikan pada kantor kelurahan, sekolah dan karang taruna.

Sedangkan penerima manfaat PIP, Pemkab mendapat tambahan jatah 20 siswa sehingga total penerima daerah kini mencapai 2.820 siswa. Bantuan PIP itu berupa uang tunai yang diberikan langsung kepada siswa pada setiap tahun ajaran senilai Rp 450 ribu untuk Sekolah Dasar dan Rp 750 ribu untuk SMP. Rabiah menerangkan, program bantuan sarana pengolahan sampah memang usulan DLH Muna kepada KLHK. Armada tambahan itu diharapkan bisa membantu pengelolaan sampah di Muna yang jumlahnya mencapai 32 ribu ton per hari. Ia juga meminta agar masyarakat mengurangi penggunaan bahan plastik untuk menekan jumlah sampah berbahan sulit urai itu. Ia berharap, semua daerah di Sultra juga membuat usulan yang sama karena bantuan serupa diperuntukan bagi banyak daerah di Indonesia.

“Sedangkan bantuan PIP itu merupakan komunikasi khusus dengan teman senator dari daerah lain, sehingga Muna dapat tambahan 20 siswa. Jumlah tambahan penerima keseluruhan di Sultra baru 50 orang dan akan diusahakan agar terus bertambah,” jelasnya, kemarin. Kepala DLH Muna, Sukur Akbar mengatakan, selain armada sampah yang telah tiba, instansinya juga mengusulkan satu unit mobil crane dan mobil angkutan sampah. Keduanya sangat penting karena jumlah armada yang terbatas cukup menyulitkan mobilitas pegawainya. Ia berharap, usulan tersebut bisa terakomodir tahun depan. “Terutama mobil crane untuk memangkas pohon pelindung dan untuk perawatan lampu jalan. Kami berharap usulan ini dibantu komunikasinya,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muna, Ashar Dulu menjelaskan, program PIP di Muna masih akan ditambah ditahun berikutnya. Instansinya telah meminta seluruh kepala sekolah agar melakukan pendataan baru dengan tetap berkoordinasi dengan Dinas Sosial. Ia berharap, PIP untuk Muna bisa mengakomodir seluruh pelajar yang ada. “Pendataannya sudah dimulai. Nanti akan diusulkan kembali ke pusat,” imbuhnya. (b/ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy