Pemkab Kolaka Terbaik Kelola DAK Fisik DD – Kendari Pos
Kolaka

Pemkab Kolaka Terbaik Kelola DAK Fisik DD

KENDARIPOS.CO.ID — Kepiwaian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka dalam mengelola anggaran di bawah kendali Bupati, H. Ahmad Safei dan Wakilnya, H. Muhammad Jayadin, mendapat apresiasi. Berkat kendali duet kepala daerah tersebut, Pemkab Kolaka dinobatkan oleh pihak Kantor Wilayah (Kanwil) Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) sebagai yang terbaik dalam penyaluran dan pelaporan dana alokasi khusus (DAK) fisik dana desa (DD) semester I tahun 2020 di lingkup Pemerintah Daerah.

Dari 17 kabupaten/kota yang ada di Bumi Anoa, Pemkab Kolaka terbaik dalam hal tersebut. Atas pencapaian tersebut, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sultra mengganjarnya dengan penghargaan. Penyerahan penghargaan itu dilakukan di Aula Kantor Bappeda Kolaka, Senin (21/9). Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sultra, Arif Wibawa yang menyerahkan langsung penghargaan tersebut mengatakan, apresiasi tersebut diberikan atas kinerja Pemkab Kolaka dalam rangka penyaluran dan pertanggungjawaban DAK fisik dana desa.

Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sultra, Arif Wibawa (kedua dari kanan) saat menyerahkan langsung penghargaan pada Bupati Kolaka, Ahmad Safei (kedua dari kiri) di aula kantor Bappeda, kemarin.

Kata Arif Wibawa, ditetapkannya Pemkab Kolaka sebagai yang terbaik tentu setelah melalui sejumlah penilaian. “Jadi di situ ada beberapa indikator penilaian yang kami lakukan pada seluruh Pemda di Pemprov Sultra. Yang utama yaitu kecepatan pencairan. Jadi pada batas waktu yang ditetapkan, Pemkab Kolaka itu di awal-awal waktu sudah melakukan pencairan,” jelasnya.

Selain yang tercepat dalam pencairan, Pemkab Kolaka juga selalu tepat waktu dan tak pernah terlambat dalam urusan penyampian laporan atau berita transfer. “Keaktifan atau partisipasi dari SKPD di Pemkab Kolaka itu juga intensitasnya tinggi atau aktif. Sehingga proaktif dan konfirmasi kekurangan persyaratan dan yang lain semuanya bisa berjalan lancar dan cepat. Sebelum batas waktu semua sudah dicairkan,” akunya.

Arif berharap, capaian tersebut dapat terus dipertahankan. “Pada dasarnya dana tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat dan sudah ditunggu-tunggu. Olehnya itu, kami berharap kinerja ini bisa pertahankan dan kalau perlu ditingkatkan lagi,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Kolaka, H. Ahmad Safei yang menerima langsung penghargaan tersebut berterima kasih pada seluruh pihak yang telah berjuang sehingga prestasi tersebut bisa diraih. Ia juga berharap agar kedepannya prestasi tersebut bisa kembali diraih.
“Utamanya SKPD yang menangani persoalan pertanggungjawaban, laporan dan lain sebagainya terkait dengan dana transfer yang ada di Kanwil Perbendaharaan Sultra. Itulah sebuah kinerja yang baik dan kami berharap ini dipertahankan terus. Kita kawal terus-menerus,” tutur Ahmad Safei. (b/fad)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy