Pemilih Bermasalah, Temuan Bawaslu Direkomendasikan ke KPU – Kendari Pos
Politik

Pemilih Bermasalah, Temuan Bawaslu Direkomendasikan ke KPU

KENDARIPOS.CO.ID — Bawaslu Koltim menemukan ribuan data pemilih bermasalah saat proses pencocokan dan penelitian (Coklit) yang dilakukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP). Temuan tersebut telah direkomendasikan ke KPU setempat untuk diperbaiki.

Anggota Bawaslu Koltim, Abang Saputra Laliasa menunjukan surat rekomendasi ke KPU, tentang pemilih bermasalah

Kordiv. Pengawasan dan Hubal Bawaslu Koltim, Abang Saputra Laliasa mengatakan lembaganya menemukan masalah selama pengawasan pemutakhiran data pemilih 13 Juli-13 Agustus. Setidaknya ada delapan temuan Bawaslu yang sudah dibawah ke KPU. “Temuan kami, diharapkan agar KPU menindaklanjutinya guna menyempurnakan data pemilih. Sehingga menciptakan Pilkada yang berkualitas, serta mencegah potensi terjadinya sengketa Pilkada akibat data pemilih yang tak valid,” bebernya, kemarin (2/9).

Ia menggariskan ada beberapa masalah dalam Coklit data pemilih. Misalnya, 2.217 pemilih yang telah dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) pada pemilu 2019, kembali terdaftar dalam A.KWK. Pemilih yang memenuhi syarat (MS), tapi tidak masuk dalam A.KWK pilkada 2020 sebanyak 2.712 orang.

Selain itu, 21 daftar pemilih khusus (DPK) pada Pemilu 2019, tidak terdapat dalam A.KWK. Jumlah pemilh dalam satu kepala keluarga tapi anggota keluarganya beda tempat pemungutan suara (TPS) sebanyak 2.113 orang. Pemilih TNI dan Polri yang masuk dalam A. KWK 46 orang. Pemilih belum Coklit 363 orang. 78 rumah yang sudah Coklit tak ditempelkan stiker.

Terpisah, Korvid. Program, Informasi dan Data KPU Koltim, Sutomo mengatakan, setiap rekomendasi Bawaslu selalu ditindaklanjuti sesuai regulasi. “Pokoknya rekomendasi pengawasan masuk ke kami langsung ditindaklanjuti, disesuaikan peraturan Pilkada,” imbuhnya. (kus/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy