Paslon yang Lakukan Money Politik Terancam Diskualifikasi – Kendari Pos
Politik

Paslon yang Lakukan Money Politik Terancam Diskualifikasi

KENDARIPOS.CO.ID — Citra demokrasi akan rusak dengan praktek politik uang saat Pilkada. Warga diminta untuk tidak tergoda dengan pemberian apapun dari tim kampanye pasangan calon (paslon) tertentu. Bawaslu Sultra mengingatkan kepada paslon dan tim kampanyenya untuk tidak melakukan politik uang.

Hamiruddin Udu

“Jika terdapat masyarakat maupun tim kampanye paslon yang terbukti melakukan money politik, bakal dijerat sanksi pidana penjara maksimal 72 bulan,” ungkap Ketua Bawaslu Sultra, Hamiruddin Udu.
Selain itu, kata dia, juga dikenakan denda paling sedikit Rp 200 juta dan paling banyak Rp 1 milar. Ketentuan tersebut, tertuang pada pasal 187A Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada.

Ia mengatakan paslon yang terbukti melakukan praktik money politik secara terstruktur, sistematis, dan masif, dapat didiskualifikasi. Hal itu sebagaimana yang diatur dalam pasal 135A UU nomor 10 tahun 2016 tentang pilkada. “Jika ditemukan terdapat paslon yang terpilih, namun terbukti melakukan pelanggaran politik uang, maka tidak akan dilantik,”tegasnya.

Hamiruddin Udu menjelaskan, pihaknya akan senantiasa bergerak intens dan masif memantau kontestasi pilkada yang puncaknya digelar tanggal 9 Desember 2020 nanti. Ia menghimbau kepada seluruh komponen yang terlibat dalam perhelatan pilkada agar tidak melakukan gerakan politik uang.

“Kami meminta kepada masyarakat agar turut andil dalam mengawasi jalannya pilkada, dengan bergotong royong mencegah terjadinya politik uang,”terangnya.

Sementara itu, Koordinator Divisi pengawasan Bawaslu Sultra Munsir Salam mengaku akan bekerja optimal melakukan pengawasan pilkada. Termasuk intens memonitoring paslon dan tim kampanye ketika hendak bergerak di lapangan. Semua titik dari desa hingga kabupaten akan diawasi dengan ketat. (m6/b).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy