Pangdam Buka Karya Bakti TNI : Rumah Ibadah dan 38 Unit RTLH Direhabilitasi – Kendari Pos
Nasional

Pangdam Buka Karya Bakti TNI : Rumah Ibadah dan 38 Unit RTLH Direhabilitasi


KENDARIPOS.CO.ID — Tentara rakyat adalah salah satu jati diri Tentara Nasional Indonesia (TNI). Makna sederhananya adalah tentara yang berasal dari rakyat dan berjuang untuk rakyat. TNI selalu hadir untuk rakyat. Implementasi filosofi itu dalam konteks kekinian berupa TNI Manunggal Membangun Desa (TMMND) dan karya bakti.

Gelaran karya bakti TNI sebagai bentuk kemanunggalan TNI dan rakyat dibuka Panglima Kodam XIV Hasanuddin, Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Andi Sumangerukka di lapangan sepak bola Sorumba, Kabupaten Konawe Selatan, Senin (21/9).

Panglima Kodam XIV Hasanuddin Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Andi Sumangerukka (tengah) bersama Gubernur Sultra Ali Mazi (kiri), Kapolda Sultra Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya (dua dari kanan) dan Ketua DPRD Sultra Abdurrahman Shaleh (dua dari kiri) disela-sela pembukaan Karya Bakti TNI di Lapangan Sorumba, Kecamatan Ranomeeto, Kabupaten Konsel, Senin (21/9) kemarin

Panglima Kodam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Sumangerukka menuturkan dengan karya bakti, TNI hadir untuk membantu tugas pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan secara fisik dan nonfisik. Karya bakti itu diharapkan dapat mengakselerasi pembangunan di daerah guna mewujudkan sasaran pembinaan teritorial yang berorientasi pada kemanunggalan TNI dan rakyat. “Ketahanan wilayah sebagai pangkal dari berbagai ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan (AGHT) diharapkan dapat diwujudkan,” ujar Mayjen TNI Andi Sumangerukka, kemarin.

Mantan Komandan Korem 143 Halu Oleo (HO) Kendari itu menuturkan
pembangunan fisik yang ditargetkan pada karya bakti kali ini adalah rehabilitasi rumah ibadah, rehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH) dan bakti sosial. Jenderal TNI bintang dua itu mengungkapkan tiga daerah yang menjadi sasaran program karya bakti TNI yakni Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Kota Kendari dan Kabupaten Konawe.

“Untuk dikonsel itu sekira 16 unit RTLH direhabilitasi, satu unit masjid, dan rehabilitasi satu unit gereja. Sedangkan di Kota Kendari sekira 17 unit RTLH dan pembuatan dua unit MCK. Terakhir di Kabupaten Konawe sekira lima unit RTLH direhabilitasi. Dengan demikian jumlah RTLH yang akan direhabilitasi sekira 38 unit,” ungkap Mayjen TNI Andi Sumangerukka dalam pembukaan
karya bakti TNI yang dihadiri Gubernur Sultra, Ali Mazi, Kapolda Sultra Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya, Kabinda Sultra Brigjen TNI Aminullah dan Ketua DPRD Sultra Abdurrahman Shaleh.

Tidak hanya bantuan pembangunan secara fisik semata. TNI juga melalui karya bakti memberikan sejumlah bantuan langsung kepada masyarakat sebagai bentuk bakti sosial yakni pembertian sembako dan rapid test. Karya bakti TNI ini mengusung tema “Melalui Karya Bakti TNI Kita Tingkatkan Percepatan Pembangunan Wilayah dan Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat serta Sinergi Antara Komponen Bangsa Guna Memperkuat Kemanunggalan TNI dan Rakyat”. (yog/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy