Paket Data Gratis Segera Disalurkan – Kendari Pos
Edukasi

Paket Data Gratis Segera Disalurkan

PBM: Siswa SMAN 1 Kendari saat mengikuti PBM beberapa waktu lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Pendataan nomor handphone siswa dan guru di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) telah berakhir 11 September. Berdasarkan Dapodik Kemendikbud di Sultra, ada 35.236 siswa SMA dan SMK, serta 9.685 guru bakal mendapat kuota internet gratis. Rencana bakal dicairkan dalam waktu dekat. Tepatnya, pertengahan September ini.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudaayaan (Dikbud) Sultra, Asrun Lio menyampaikan, bantuan paket data siswa dan guru dari pemerintah merupakan respon cepat terhadap keluhan para siswa dan guru, dengan memberikan bantuan kuota internet yang mencapai 35 GB perbulannya.
“Untuk proses transfernya, tergantung dari pemerintah pusat. Kami hanya mendata nomor ponsel siswa secara keseluruhan di Dapodik. Itu nantinya menjadi acuan pemerintah pusat untuk mengirim langsung paket data di nomor tersebut secara langsung,” ungkap Asrun kepada Kendari Pos, kemarin.

Diakuinya, setelah pendataan nomor ponsel siswa dan guru ditutup. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud RI) masih perlu melakukan tahapan verifikasi nomor handphone yang terdaftar. Sehingga, proses pencairan masih perlu menunggu waktu. “Kemungkinan proses transfernya dilakukan di pertenagahan September ini. Tergantung dari pemerintah. Sebab pemerintah daerah tidak memiliki kewenangan dalam hal itu. Karena bantuanya langsung masuk ke nomor handphone masing-masing penerima,” jelasnya.

Asrun mengimbau kepada seluruh siswa dan guru yang bakal menerima bantuan paket data gratis dari pemerintah, supaya dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, guna memperlancar proses Belajara Dari Rumah (BDR) di massa pandemi ini. “Jadi bantuan kuota gratis ini harus digunakan untuk belajar. Jangan malah adanya bantuan ini menjadi kesempatan peserta didik untuk bermain game, bermain sosmed atau lainnya,” harapnya. (b/idh)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy