Optimalkan Program Kerja, Biro Ekonomi Rancang Sistem Satu Data – Kendari Pos
Metro Kendari

Optimalkan Program Kerja, Biro Ekonomi Rancang Sistem Satu Data

KENDARIPOS.CO.ID — Untuk memaksimalkan program kerja, Biro Ekonomi tengah merancang sistem satu data. Sebagai langkah awal, sistem ini akan berbasis website. Isinya tak hanya tentang program, namun juga informasi seputar perkembangan ekonomi termasuk harga komoditas hingga para agen atau distributor di Sultra. Kepala Biro Ekonomi Pemprov Sultra, Yuni Nurmalawati, mengatakan tupoksi lembaganya adalah merumuskan bahan-bahan yang menjadi acuan kebijakan pemerintah. Seharusnya, ada sistem yang mem-back up sehingga menjadi dasar Biro Ekonomi dalam memberikan masukan atau saran.

“Selama ini, kita belum punya website khusus yang dikelola oleh Biro ekonomi. Padahal kita perlu untuk mengetahui perkembangan data. Makanya, sejak dipercaya jadi Plt, saya memang sudah terpikir untuk melakukan terobosan. Salah satunya, membuat website khusus,”terangnya.

Sistem satu data ini sambungnya, telah dijabarkan dalam proses assesment. Ia berencana menjadikan Biro Ekonomi networking mobile area atau disingkat Iron Man. “Melalui sistem ini, orang-orang bisa mensearch berbagai data kita dengan lebih mudah,”jelas Yuni Nurmalawati. Pengembangan sistem ini kata dia, akan dilakukan secara bertahap. Untuk tahap awal, pihaknya akan menyiapkan websitenya terlebih dahulu. Setelah itu, sistem ini akan terus dikembangkan.

“Kegiatan TPID yang belum terdokumentasi dengan baik akan disimpan di sini. Begitu pun dengan informasi lainnya. Jadi masyarakat bisa mengakses informasi secara online. Nantinya, Pemprov akan bekerja sama dengan seluruh distributor untuk memastikan kondisi stok atau harga komoditas,” tambahnya. Saat ini, ia mengaku telah membentuk tim pengelola IT. “Dimana kita mulai tim ini dengan aplikasi website sekarang yang khusus biro ekonomi itu. Di mana didalamnya terdapat menu konten, salah satu menu kontenya yaitu data stok ketersediaan pangan pada masa pandemi. Jadi ini yang kita kembangkan,”terangnya.

Untuk website lanjutnya, sementara mengurus perizinan. Tapi soal kerjasama, sudah ada. “Pengelolanya semua sudah ada. Saat ini aplikasinya tinggal kita sampaikan ke TPID-TPID kemudian kita akan buka linknya agar mereka juga bisa akses dengan mudah. Jadi saat ini saya terus dorong anggota saya untuk kerja cepat sesuai dengan arahan gubernur kita,”pungkasnya. (b/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy