MTQ Virtual, Kapasitas Jaringan Ditambah


KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna berkomitmen menyukseskan Musabaqah Tilawatil Quran XVIII tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yang digelar secara virtual. Untuk mendukung konektivitas jaringan internet selama lomba berlangsung, Pemkab menambah kapasitas bandwith menjadi 50 megabit per second (Mbps).

La Ode Firman Syah

Kepala Bidang Infrastruktur Dasar pada Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Muna, La Ode Firman Syah, menerangkan, instansinya telah menyiapkan seluruh perangkat elektronik dan jaringan untuk mendukung pelaksanaan lomba pada setiap cabang. Khusus dukungan internet, Kominfo telah menggunakan astinet dedicated (layanan akses internet melalui saluran komunikasi tetap). Layanan tersebut dapat menjaga kestabilan jaringan sehingga tidak mengganggu penampilan peserta lomba.

“Kita sudah siapkan semua. Karena ini digelar virtual, maka kami tambah kapasitas bandwith menjadi 50 mbps. Jaringan internet dipasikan akan stabil,” paparnya, Senin (21/9). Ia menambahkan, Kominfo menyiapkan seluruh perangkat elektronik di Sekretariat Kabupaten Muna, tempat pelaksanaan lomba. Selain kekuatan jaringan, Kominfo juga menyiapkan tenaga teknis dan peralatan yang memadai. “Sesuai instruksi Bupati Muna, LM Rusman Emba, kami diminta menyiapkan tim IT untuk memastikan tidak ada hambatan selama kegiatan berlangsung,” papar La Ode Firman Syah.

MTQ Provinsi Sultra kali ini memang tidak digelar seperti event sebelumnya, karena pandemi Covid-19. Pemprov memutuskan lomba tetap dilaksanakan, hanya metodenya diubah menjadi secara online. Setiap kafilah kabupaten akan tampil melalui layar secara langsung dan dipantau ditempat terpisah oleh tim juri.

Kepala Bagian Kesra Setkab Muna, Abdul Azis Teo, mengatakan, kafilah yang diutus berjumlah 41 peserta dan akan mengikuti 10 cabang lomba. Seluruhnya telah mengikuti prosesi pembukaan kegiatan yang akan berlangsung tanggal 21 sampai 25 September itu juga dilakukan secara virtual. “Muna mengutus peserta pada semua cabang lomba. Bagi yang juara, maka disiapkan bonus umrah,” janji Abdu Azis Teo, kemarin. (b/ode)

Facebooktwittermail

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.