MTQ IX Secara Virtual, 714 Peserta Siap Berkompetisi – Kendari Pos
Metro Kendari

MTQ IX Secara Virtual, 714 Peserta Siap Berkompetisi

KENDARIPOS.CO.ID — Pandemi Covid-19 tak menghalangi perhelatan akbar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) di Sultra. Sebanyak 714 peserta dari di 17 Kabupaten/Kota siap berkompetisi menjadi yang terbaik. Saat ini, panitia terus mempersiapkan teknis operasional pelaksanaan MTQ. Sesuai rencana, MTQ akan dilaksanakan secara Virtual melalui aplikasi vidio conference atau zoom pada pertengahan September ini.

“Di era kenormalan baru, pemerintah pusat memberi kelonggaran kepada kita agar tetap melaksanakan MTQ di daerah untuk menjaring peserta ke MTQ tingkat nasional IX tahun 2020 pada November di Padang. Makanya, proses penjaringan harus tetap digelar,” terang Beangga Haryanto, Kepala Biro Kesra Setprov Sultra kemarin.

Proses pendaftaran telah dimulai sejak bulan Maret lalu. Hasilnya, sebanyak 714 peserta dinyatakan lolos verifikasi berkas. “Masing-masing Kabupaten dan kota diwakili sekira 40 peserta. Mulai Agustus hingga September ini, kita terus mematangkan persiapan. Selain itu, kami juga sudah melakukan pertemuan dengan semua perwakilan dan telah disepakati MTQ tingkat Sultra dilaksanakan secara virtual,” ujarnya.

Pelaksanaan MTQ harus tuntas bulan September ini. Pasalnya, pendaftaran MTQ nasional telah dibuka mulai 1-30 September. “Persiapan kita sudah di atas 90 persen. Hanya saja, kita belum dapat memastikan tanggal pelaksanaannya. Sebab proses administrasinya masih sementara berjalan. Kita berharap dapat dilaksanakan pertengahan September. Ini akan dilaksanakan selama empat hari, setelah ada pemenang maka akan kita laporkan ke pusat untuk pendaftaran MTQ nasional,”jelasnya.

Kabag Keagamaan Biro Kesra, Musdar mengatakan untuk kategori lomba tetap dilaksanakan semua seperti tahun-tahun sebelumnya (lihat grafis). “Intinya jika sudah selesai secara virtual, maka diberi waktu selama 15 menit untuk mengirim vidionya. Sebab bila waktunya lebih lama di khawatirkan jangan sampai diulangi kembali atau direkayasa,” terangnya.

Untuk sistem penjurian, dewan hakim dilakukan perubahan. Dimana sebelumnya dalam kondisi normal 10 majelis terdiri atas 150 orang dewan hakim. Namun dalam kondisi tidak normal, dilakukan perampingan jadi dari 10 majelis itu, setiap satu majelis dua orang. “Insya Allah ,seluruh majelis ada 20 dewan hakim yang awalnya kurang lebih 150. Upaya ini untuk menghindari adanya kumpul-kumpul ditengah pandemi. Jadi para juri tetap standbye di Kendari selama 3 hari lomba, hari keempat dilakukan rapat dewan hakim sekaligus pengumuman lomba,”pungkasnya. (b/rah)

Kategori Lomba

  1. Seni Baca Alquran
  2. Qira’at Alquran
  3. Tafsir Alquran
  4. Fahm Alquran
  5. Syarh Alquran
  6. Seni Kaligrafi
  7. Karya Tulis Ilmiah Alquran (KTIQ)

Sumber : Biro Kesra Sultra

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy