Menteri Agraria dan Tata Ruang Serahkan 3.616 Sertifikat Tanah di Koltim – Kendari Pos
Nasional

Menteri Agraria dan Tata Ruang Serahkan 3.616 Sertifikat Tanah di Koltim

KENDARIPOS.CO.ID — Masyarakat dan petani di Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) semringah. hak atas tanah mereka kini sudah punya kepastian hukum, setelah kehadiran Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) RI, Sofyan A.Djalil. Menteri menyerahkan
sekira 3.616 sertifikat tanah secara simbolis saat berkunjung di Koltim, Selasa (1/9) kemarin.

Menteri Agraria, Sofyan A.Djalil memuji kepedulian Bupati Koltim, Tnoy Herbiansyah kepada rakyatnya dengan memfasilitasi untuk mendapatkan sertifikat. Sertifikat tanah dibutuhkan agar pemilik tanah mendapat pengakuan secara hukum. “Saya harap tanah tersebut di kelola baik sehingga dapat menghasilkan demi meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujarnya di hadapan Bupati Koltim, Tony Herbiansyah, Asisten II Setda Pemprov Sultra, Suharno, Kepala BPN Sultra, dan jajaran Forkompinda.

Kata dia, pemerintah pusat menargetkan sertifikasi tanah di Indonesia tuntas tahun 2025. Untuk itu diperlukan sinergi Pemrov, Pemda dan BPN Sultra menyelesaikan masalah tanah hingga terbit sertifikat. “Khususnya di Koltim, kita syukuri Pemkab membantu menyelesaikan sertifikat tanah tersebut,” kata Menteri Sofyan.

Bupati Koltim, Tony Herbiansyah menyebut sekira 3.616 bidang tanah telah tersertifikat. Enam bidang diantaranya adalah aset Pemkab Koltim, dan sebanyak 2.599 bidang tanah disertifikatkan melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

“Pemkab perlahan menyelesaikan persoalan tanah di Koltim agar masyarakat aman bertani, tanah mereka bernilai jual dan memiliki kepastian hukum. Saya harap, tanah yang disertifikatkan jangan dijual tetapi manfaatkan untuk menambah pendapatan keluarga,” kata Tony Herbiansyah, kemarin.

Sementara itu, Kepala BPN Provinsi Sultra, Kalvin Andar Sembiring mengatakan, BPN selalu bersinergi dengan Pemkab se-Sultra menyelesaikan masalah tanah hingga terbitnya sertifikat tanah, termasuk di Kabupaten Koltim.
“Sesuai data sekira 63.453 bidang tanah terdaftar di Koltim atau 78.69 persen dari luas wilayah. Yang belum terdaftar sekira 17.177 bidang tanah. Mudah-mudahan bisa terakomodir semuanya hingga tahun 2025. Saat ini 3.616 sertifikat bidang tanah disalurkan,” ungkapnya.

Gubernur Sultra melalui Asisten II Setda Pemprov Sultra, Suharno menyampaikan, gubernur mengapreasiasi perhatian pemerintah pusat melalui Kementerian ATR terhadap sertifikasi tanah di Sultra. “Kami memberikan suport atas kerja-kerja Pemkab Koltim yang menjalankan pemerintahan dengan baik. Pemprov Sultra telah bersinergi dengan BPN Sultra guna menyelesaikan persoalan sertifikasi tanah,” ujarnya. (kus/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy