Mahasiswa dan Dosen Berprestasi Diberi Penghargaan – Kendari Pos
Edukasi

Mahasiswa dan Dosen Berprestasi Diberi Penghargaan

APRESIASI: Rektor Unsultra, Prof. Andi Bahrun (kanan) memberikan piagam penghargaan kepada dosen berprestasi tahun 2020, kemarin.

KENDARIPOS.CO.ID — Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) kembali melakukan penobatan insan berprestasi tahun 2020. Mereka adalah mahasiswa, dosen dan tenaga pendidik (Tendik) yang telah menorehkan prestasi di kancah lokal maupun nasional. Serta telah memberikan kontribusi besar bagi Unsultra.

Rektor Unsultra, Prof Andi Bahrun mengatakan, pemberian penghargaan The Best Leacture Of The Year dan The Best Student Of The Year 2020, sebagai bentuk apresiasi univeristas kepada mahasiswa dan dosen berprestasi. “Saya harap, penghargaan ini bisa menambah semangat supaya mereka melahirkan karya-karya luar biasa berikutnya. Sekaligus juga menjadi motivasi dan contoh mahasiswa serta dosen lain supaya berprestasi juga,” ungkap Prof Andi Bahrun kepada Kendari Pos, kemarin.

Prof Bahrun menerangkan, dalam menetapkan mahasiswa dan dosen berprestasi, ada indikatornya. Penilaiannya terukur. Melihat prestasi dan karya yang telah mereka hasilkan. Serta paling utama, mereka telah memberikan kontribusi nyata bagi kampus. Dirinya berharap, ke depan, semakin banyak mahasiswa dan dosen berprestasi.

“Kalau banyak dosen berkualitas dan berkarya, maka akan berdampak positif bagi kampus. Demikian pula mahasiswa. Saya berharap, capaian prestasi mereka bisa menjadi contoh dan spirit mahasiswa lain supaya berkarya juga. Pemberian penghargaan ini memberikan makna bahwa pihak universitas sangat peduli terhadap mereka yang berprestasi,” jelasnya.

Untuk diketahui, predikat Dosen Terbaik disematkan kepada Sunaryo. Dia dosen Teknik Unsultra. Predikat Dosen Terbaik disematkan karena melihat prestasi dan karyanya selama ini. Misalnya, berhasil menerbitkan 10 Jurnal Internasional, menulis dan menerbitkan 5 buku. Bahkan, salah satu bukunya dicetak di Jerman. Tak hanya itu, Sunaryo juga kreatif membuat konten dalam perkuliahan daring. Dia membuat tutorial YouTube supaya memudahkan mahasiswa memahami penjelasannya.

Sedangkan Mahasiswa Terbaik diberikan kepada Adi Maliano. Dia juga mahasiswa Teknik Unsultra. Label Mahasiswa Terbaik disematkan padanya, karena memiliki jejak prestasi yang mentereng. Misalnya di organisasi kemahasiswaan, menjadi Ketua HMJ Teknik hingga Ketua BEM Unsultra. Pernah menjadi Juara III Lomba Pidato se Sultra, Juara I Lomba UMKM se Sultra, Finalis Lomba Essay Landmark Sultra dan Finalis ICN Conference 2020.

Dosen Berprestasi, Sunaryo mengatakan, dirinya tidak menyangka akan diberikan penghargaan. Baginya, seorang dosen tak boleh hanya sekadar mengajar saja. Tapi harus membuat jurnal, buku dan melakukan penelitian. “Itu prinsip yang saya pegang. Saya menyadari, dosen punya tanggung jawab lebih. Selain mengajar, juga membuat jurnal internasional dan melakukan penelitian,” terangnya.

Mahasiswa Berprestasi, Adi Maliano juga berharap, apresiasi universitas kepada dirinya menjadi motivasi mahasiswa lain. Bahwa, kampus selalu peduli terhadap mahasiswa yang berprestasi. Apalagi saat ini, Unsultra dinobatkan sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik di Sultra.
“Mendapatkan predikat sebagai PTS terbaik tentu tidak mudah. Mesti didukung dengan kualitas mahasiswa dan dosen.

Kualitas itu salah satu ukurannya, banyaknya karya dan prestasi yang didapatkan. Untuk itu, saya mengajak semua teman-teman mahasiswa meningkatkan kualitas diri. Raihlah prestasi sebanyak-banyaknya sehingga bisa membanggakan kedua orang tua, kampus, daerah dan bangsa,” pungkasnya. (b/idh)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy