LADK Paslon Pilkada Konsel : SUARA Rp 1 Miliar, RAG Rp 10 Juta, EWAKO Rp 50 Ribu – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

LADK Paslon Pilkada Konsel : SUARA Rp 1 Miliar, RAG Rp 10 Juta, EWAKO Rp 50 Ribu

KENDARIPOS.CO.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Konawe Selatan (Konsel) telah menerima Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) dari tiga pasangan calon bupati dan wakil bupati. Biaya awal kampanye yang dilaporkan Calon Bupati Konsel petahana Surunuddin-Rasyid Rp 1 miliar. Dana itu paling tinggi dibandingkan dua pasangan calon lain.

Anggota KPU Konsel, Budiman mengatakan laporan awal dana kampanye, 25 September lalu. Semua tim pasangan calon sudah menyampaikan melalui sistem dana kampanye (Sidakam) dan tidak melewati batas. LADK tiga pasangan calon dinyatakan lengkap dan memenuhi aturan Sidakam.

Koordinator Divisi Hukum KPU Konsel ini menjelaskan Rusmin Abdul Gani-Senawan Silondae menyampaikan LADK Rp 10 juta, Surunuddin-Rasyid Rp 1 miliar. Adapun Muhammad Endang-Wahyu Ade Pratama Rp 50 ribu.

Setelah LADK disampaikan, kata dia, masuk tahapan kampanye. Pihak operator pasangan calon akan menyampaikan Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK), sesuai jadwal sebelum 31 Oktober 2020. Laporan Penerimaan dan pengeluaran Dana kampanye (LPPDK) disampaikan paling lama 5 Desember mendatang.

“Lalu lintas dana kampanye itu telah diatur dalam PKPU Nomor 5 tahun 2017 dan diubah menjadi PKPU nomor 12 tahun 2020. LADK, LPSDK dan LPPDK akan dipantau dan dinilai oleh kantor akuntan publik. Dan itu akan disampaikan ke KPU,” imbuhnya

Hasil audit, kata dia, menyimpulkan kepatuhan atau tidaknya pasangan calon. Ada sanksi terhadap pasangan calon yang dianggap tak patuh. Sesuai ketentuan, sanksi paling fatal adalah ketika pasangan calon tidak menyampaikan LPPDK sampai 5 Desember 2020. Sanksinya itu bisa membatalkan calon. Jadi semua paslon wajib penuhi ini. (kam/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy