Krisis Air Bersih di Konkep Belum Teratasi – Kendari Pos
Konawe Kepulauan

Krisis Air Bersih di Konkep Belum Teratasi


KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Kepulauan (Konkep) diminta serius menuntaskan persoalan air bersih di Kecamatan Wawonii Barat. Sejauh ini, pasokan air di wilayah itu masih sangat minim. Dampaknya, warga yang bermukim di Kampung Bajo Langara, di pusat ibu kota kabupaten, harus mengantre untuk mendapatkan air bersih. Krisis di wilayah itu sudah terjadi sejak lama.

“Warga harus mengantre berjam-jam untuk mendapatkan air bersih. Itupun harus dibantu dengan mesin pompa agar airnya mengalir,” keluh Suratman, perwaklilan warga saat menyampaikan aspirasi, Selasa (8/9). Ia mengungkapkan, pendistribusian air bersih di Kecamatan Wawonii Barat tidak merata. Sehingga membuat warga di wilayah itu harus bergantian untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. “Kami membutuhkan keadilan. Air bersih sangat kurang,” teriaknya. Sementara itu, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Konkep, Ishak, merespon aspirasi warga. Politikus Demokrat itu, didampingi koleganya, turun meninjau langsung yang menjadi tuntutan masyarakat. Kata Ishak, air bersih merupakan kebutuhan dasar masyarakat. DPRD telah berkoordinasi dengan pihak Pemkab Konkep agar secepatnya krisis air bersih di Kecamatan Wawonii Barat bisa secepatnya teratasi.

“Dana alokasi khusus (DAK) 2020 sudah dianggarkan untuk air bersih, khusus Wawonii Barat. Saat ini proyek tersebut telah kontrak dan tinggal menunggu dikerja,” kata Ketua DPRD Konkep, Ishak, Selasa (8/9). Ia juga akan berkoordinasi ke pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Konkep, untuk melakukan penekanan terhadap kepala desa. Terkait kebutuhan dasar, khususnya air bersih dan sampah.

Di tempat yang sama, Ketua Komisi II DPRD Konkep, Moc. Yackub Rahman, mengatakan, pada November 2019 lalu, DPRD bersama Pemkab telah menyiapkan dana sekira Rp 2 miliar untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga. “Permasalahannya saat ini, anggaran terpangkas akibat Covid-19. Namun anggaran itu telah dikembalikan. Sehingga tahun ini, anggaran untuk kebutuhan air bersih telah ditender,” pungkasnya.

Permasalahan lain, seperti sampah, terkendala dengan lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Saat ini, Pemkab Konkep juga sudah menyiapkan anggaran sekira Rp 100 juta untuk membiayai penyewaan lokasi TPA seluas 3 hektare. (b/san)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy