KPU Muna Jadwal Ulang Tahapan “RAPI” – Kendari Pos
Politik

KPU Muna Jadwal Ulang Tahapan “RAPI”

KENDARIPOS.CO.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Muna kembali melanjutkan tahapan Pilkada terhadap duet LM. Rajiun Tumada – La Pili. Sesuai hasil Swab terbaru, Rajiun kini diizinkan menjalani pemeriksaan kesehatan setelah dinyatakan sembuh dari Covid-19. Agenda Pilkada yang harus diikuti pasangan berakronim “Rapi” itu telah dijadwalkan oleh penyelenggara.

Kubais

Ketua KPU Muna, Kubais menerangkan, lembaganya langsung melakukan pleno tentang perubahan jadwal tahapan Pilkada setelah menerima salinan hasil Swab Rajiun. Sesuai jadwal terbaru, Rajiun akan memulai tahapan pada 16 September sampai 1 Oktober 2020. “Jadwal itu merupakan tindak lanjut setelah bakal calon dinyatakan sembuh dari Covid-19,” terangnya.

Tahapan yang akan dilalui Rajiun antara lain pemeriksaan kesehatan 16 sampai 20 September, penyampaian hasil pemeriksaan kesehatan 20 sampai 21 September, verifikasi syarat calon 16 sampai 21 September dan pemberitahuan hasil verifikasi 22 September (lihat grafis, lengkapnya). “Perubahan jadwal itu sudah diatur dalam PKPU 10 tahun 2020. Salah satu poinnya mengatur tahapan Pilkada bagi pasangan calon atau salah satu bakal calon yang terpapar Covid-19,” ujarnya.

Tahapan terbaru tersebut lebih cepat dari jadwal sebelumnya yang dikeluarkan sesuai surat keputusan nomor 246 tentang perubahan ketiga atas keputusan KPU Muna nomor 544 tentang pedoman teknis tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan Pilkada Muna 2020. Rajiun sebelumnya diberi waktu karantina selama 14 hari dan baru bisa melanjutkan tahapan pada 21 September sampai 3 Oktober 2020. Namun Rajiun sembuh lebih cepat sehingga bisa memulai tahapan lebih awal.

“Sepanjang statusnya telah sembuh sesuai hasil Swab, maka yang bersangkutan bisa melanjutkan tahapan,” paparnya.
Sementara itu, Lieson Officer, Vicki Mubarak menerangkan, Rajiun telah menjalani masa karantina selama lebih kurang 10 hari dengan tetap menjaga stamina dan kebugaran tubuh. Rajiun baru melakukan tes polymerase chain reaction (PCR) dengan metode Swab di RSU Bahteramas, 13 September. Hasil negatif Covid-19 keluar 14 September dan sehari berikutnya langsung diserahkan pada KPU Muna. Vicki menerangkan Rajiun dalam kondisi sehat wal afiat. “Beliau (Rajiun) sudah siap menjalani tahapan lanjutan,” imbuhnya. (ode/b)

Tahap buat LM. Rajiun-La Pili

-Pemeriksaan kesehatan 16 sampai 20 September
-Penyampaian hasil pemeriksaan kesehatan 20 sampai 21 September
-Verifikasi syarat calon 16 sampai 21 September
-Pemberitahuan hasil verifikasi 22 September
-Penyerahan dokumen perbaikan syarat calon 23 sampai 25 September

  • Pengumuman dokumen perbaikan syarat calon di laman KPU pada 22 sampai 30 September
    -Verifikasi dokumen perbaikan syarat calon 25 sampai 30 September
    -Penetapan dan pengundian nomor urut pada 1 Oktober
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy