KPU Konsel Komitmen Wujudkan Pilkada Berkualitas – Kendari Pos
Politik

KPU Konsel Komitmen Wujudkan Pilkada Berkualitas

KENDARIPOS.CO.ID — Jaringan Pendidikan Pemilih Untuk Rakyat (JPPR) resmi terdaftar sebagai lembaga pemantau Pilkada Konawe Selatan (Konsel) tahun ini. Ketua KPU Konsel Aliudin menyerahkan akreditasi lembaga pemantau bernomor 80/PP. 03.2/kpt/7405/KPU/VIII/ 2020 kepada Ketua JPPR Konsel Yusran, kemarin.

Ketua KPU Konsel Aliudin (kiri) menyerahkan akreditasi lembaga pemantau kepada Ketua JPPR Konsel Yusran, kemarin.

Aliudin mengapresiasi kehadiran JPPR untuk turut memantau Pilkada. Sebab dapat membantu dan bersinergi dengan penyelenggara pemilu guna mewujudkan Pilkada yang berkualitas, berintegritas dan transparan. Penyerahan akreditasi kepada lembaga pemantau ini, kata dia, menunjukkan KPU Konsel welcome terhadap kehadiran lembaga pemantau pemilu. Keterlibatan JPPR Konsel, tentunya akan menjadi sarana untuk instropeksi bagi penyelenggara.”Harapan saya kerjasama ini adalah untuk menyukseskan Pilkada. Kita bersama-sama mengawal Pilkada dalam koridor dan menjunjung tinggi netralitas,” harapnya.

Selain itu, kata dia, dengan adanya sinergisitas antara penyelenggara pemilu dengan lembaga pemantau pemilu terakreditasi ini, dapat menguatkan proses demokrasi sehingga partisipasi pemilih pada Pemilu mendatang akan meningkat. “Untuk menyukseskan Pilkada, tentunya dengan mengawasi kinerja penyelenggara pemilu dan peserta pemilu agar sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang ada. Saya ingin kita bersama mencegah potensi pelanggaran pemilu dalam setiap tahapan,” tegasnya.

Ketua Bawaslu Konsel, Hasni menambahkan peran dan partisipasi masyarakat sipil dalam pengawasan atau pemantauan menjadi salah satu indikator kualitas penyelenggaraan pemilu.
Ia berharap kehadiran JPPR ini bisa membantu pihak pengawas dalam mengawasi jalannya seluruh tahapan Pilkada. “Salah satu fokus utama adalah mengawasi ASN maupun perangkat desa agar tidak terlibat politik atau ikut kampanye hitam,” harapnya.

Sementara itu, Ketua JPPR Konsel Yusran, S.Pd mengaku siap membantu penyelenggara dalam mewujudkan Pilkada yang berintegritas dan transparan. Ia menegaskan sosialisasi penerapan protokol kesehatan saat pemungutan suara sangat penting karena menciptakan keamanan dan kenyamanan pemilih sehingga muncul keberanian untuk datang di Tempat Pemugutan Suara. “KPU Konsel harus mampu meyakinkan masyarakat bahwa Pilkada 2020 akan berjalan dengan aman meski di tengah pandemi. Jika ingin target tercapai,” tambah pria yang juga mantan komisioner KPU Konsel ini. (kam/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy