KPU akan Revisi PKPU Cakada Boleh Konser Musik – Kendari Pos
Politik

KPU akan Revisi PKPU Cakada Boleh Konser Musik

KENDARIPOS.CO.ID — Peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor 10 tahun 2020 membolehkan calon kepala daerah (Cakada) menggelar konser musik saat kampanye. Hal ini menuai polemik karena saat ini Indonesia sedang dirundung pandemi Covid-19.

Anggota KPU RI, Viryan Aziz mengatakan pasal 63 PKPU Nomor 10 tahun 2020 adalah peraturan pada saat Pilkada sebelumnya dengan belum ada pandemi Covid-19. Sehingga, Virtan menyebut, KPU bersama dengan DPR berencana melakukan revisi Pasal 63 PKPU Nomor 10 tahun 2020? yang berkaitan tentang dibolehkannya menggelar konser musik.

“Itu adalah rancangan peraturan KPU dan pengaturan tersebut sudah ada dari sebelumnya, jadi kita bisa sebut itu pengaturan pada Pilkada sebelumnya yang sedang kita mau revisi,” ujar Viryan dalam diskusi secara daring akhir pekan lalu.

KPU mengaku telah mendengar masukan dari banyak masyarakat terkait dibolehkannya konser musik diselenggarakan oleh Cakada. Sehingga ini adalah bagian dari rencana KPU untuk menyelenggarakan Pilkada yang sebaik mungkin di tengah pandemi Covid-19.

“Justru dengan adanya masukan dari masyarakat menjadi pertimbangan kita untuk memperhatikan atau menimbang kembali hal tersebut,” katanya. Namun demikian Viryan mengatakan, konser musik tersebut juga tidak bisa diidentikan dengan acara yang dilakukan di tengah area terbuka. Karena konser musik bisa saja diselenggarakan secara virtual seperti yang dulu pernah dilakukan oleh almarhum Didi Kempot di awal-awal pandemi Covid-19 di Indonesia.

“Jadi semua hal yang bersifat tidak protokol Covid-19, dilaksanakan secara daring, termasuk diantaranya konser musik,” ungkapnya. Adapun, Pasal 63 PKPU Nomor 10/2020 mengatur sejumlah kegiatan yang lain yang tidak melanggar larangan kampanye dan ketentuan peraturan perundang-undangan. Tujuh jenis kegiatan itu adalah rapat umum; kegiatan kebudayaan berupa pentas seni, panen raya, dan/atau konser musik; kegiatan olahraga berupa gerak jalan santai, dan/atau sepeda santai; perlombaan; kegiatan sosial berupa bazar dan/atau donor darah; peringatan hari ulang tahun partai politik; dan/atau melalui media daring. (jp)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy