Klaim Sukses Bangun Muna, Rusman Emba Yakin Menang – Kendari Pos
Politik

Klaim Sukses Bangun Muna, Rusman Emba Yakin Menang

KENDARIPOS.CO.ID — Bakal calon Bupati Muna petahana LM Rusman Emba optimistis bisa memenangkan pertarungan pilkada Muna 2020. Ia tak mempersoalkan majunya dua pesaingnya dalam pesta demokrasi. Kedua kompetitor itu adalah pasangan LM Rajiun Tumada-La Pili dan pasangan Syarifuddin Udu-Abdul Hasid Pedansa/dr. Baharuddin.

Menurut Rusman, kedua pesaingnya merupakan putra terbaik Muna. Meski akan menghadapi mereka, namun ia yakin akanmeraih suara terbanyak. Keyakinan itu lantaran selama memimpin Muna, mantan Ketua DPRD Sultra ini mengklaim telah bekerja maksimal dan hasil pekerjaannya itu akan menjadi kekuatan tersendiri dalam pilkada nanti.

Bakal Calon Bupati Muna, Rusman Emba (kiri) saat bersilaturahmi dengan masyarakat Kecamatan Lasalepa beberapa waktu lalu.

Selama ini, pihaknya telah mendorong peningkatan pemberdayaan masyarakat dan peningkatan pendapatan warga di berbagai sektor. Bahkan pemerintah terus menggenjot pengembangan inovasi desa sehingga Muna mampu menjadi kabupaten terbaik dalam inovasi desa. Keberhasilan itu tidak terlepas dari intervensi pemerintah kabupaten. Sebab melalui Peraturan Bupati Muna, Pemkab mewajibkan semua kepala desa agar 30 persen dari desa dana dimanfaatkan untuk peningkatan pendapatan rakyat. “Hal inilah yang dinilai Kementerian Desa untuk menjadikan Kabupaten Muna terbaik (dalam inovasi desa),” kata Rusman Emba, kemarin.

Selain itu, Muna juga berhasil menjadi pilot project dari Kementerian Ketenagakerjaan dan Transmigrasi dalam hal pengembangan technopark untuk empat kecamatan di wilayah Muna Timur. “Jadi di sana akan didesain sehingga kegiatan transmigrasi banyak dialokasikan di situ. Sudah didesain, tinggal pelaksanaannya,” ungkapnya.

Selain itu, pariwisata dan proyek infrastruktur terus digenjot seperti pelebaran jalan dari Tampo dan beberapa jalan di kabupaten. Menurut Rusman, apa yang dilakukan selama empat tahun kepemimpinannya semata mata demi masyarakat. “Kami tidak hanya sekadar modal semangat tetapi kami betul-betul bekerja. Apalagi di masa kepemimpinan kami, ada keterbatasan APBD karena harus melunasi utang pemerintah daerah yang dilakukan di pemerintahan sebelumnya,” kata Rusman.

“Dan peminjaman itu semua kita sudah lunasi. Pinjaman sekira Rp 91 miliar kita bayar sekira Rp 123 miliar dan itu saya selesaikan di tahun pertama kepemimpinan kami. Tetapi Alhamdulillah dana alokasi khusus pada tiga tahun terakhir, Muna selalu terbesar. Ini menunjukkan kita bekerja secara maksimal,” tambahnya.

Kondusifitas daerah juga turut dipamerkan Rusman Emba. Jika sebelumnya Kabupaten Muna dikenal dengan kekacauan dan keributannya, selama empat tahun terakhir kondisi daerah sudah tenang dan kondusif.

“Kini, Muna selalu menjadi tempat pelaksanaan kegiatan dari luar kota. Sehingga kalau Allah berikan kesempatan kembali memimpin Muna, apa yang menjadi target selanjutnya akan kita maksimalkan,” ucapnya. Saat ini, ia didukung PDIP (4 kursi), Golkar (4 kursi), PKB (4 kursi) dan PKS (2 kursi). “Keempat partai ini punya militansi dan memiliki jumlah kader yang cukup besar sehingga bisa menarik pemilih,” ungkapnya. (ags/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy