Kesadaran Warga Masih Rendah – Kendari Pos
Kolaka Utara

Kesadaran Warga Masih Rendah


KENDARIPOS.CO.ID — Aparat gabungan TNI-Polri dan Pol PP Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) terus menggalakkan operasi razia kepatuhan protokol kesehatan (Prokes) pada sejumlah wilayah di Bumi Patowonua. Dalam sembilan hari menyisir jalan, pusat perbelanjaan hingga tempat-tempat hiburan, sebanyak 120 orang telah diberi sanksi.

Aparat keamanan ketika memberi sanksi pada sopir truk yang tidak mengenakan dan memiliki masker. Banyak warga diketahui belum taat pada Prokes pencegahan Covid-19.

Kasatpol PP Kolut, Ramang yang dijumpai pada sela-sela razia di Desa Watuliwu, Kecamatan Lasusua, menjelaskan pihaknya bersama TNI-Polri terus melakukan pengawasan. Identitas pelanggar dicatat dan jika tiga kali melanggar, sudah harus dikenakan sanksi administrasi dengan membayar denda antara Rp 50 ribu hingga Rp 1,5 juta. Sepanjang operasi, memang banyak warga baik penumpang kendaraan, sopir hingga pengguna roda dua terpantau tidak bermasker. Sanksi sosial berupa menghafal pancasila, push up hingga membersihkan jalan wajib dijalani pelanggar.

“Kami berpindah-pindah kecamatan. Pelanggarnya mulai warga biasa, pegawai hingga pengusaha. Intinya tiga kali kami jumpai melanggar, maka sebanyak itu pula kami hukum dan berlanjut ke sanksi administrasi,” tegasnya. Batas operasi sementara hingga akhir bulan ini. Intensitas razia akan dikurangi jika memang pelanggaran di lapangan sudah minim. Ia meminta masyarakat memahami hal itu demi kebaikannya dan orang lain.

Selain pengendara yang banyak terjaring razia juga para penumpang angkutan umum. Di dalam kendaraan roda empat banyak terlihat penumpang yang memang hanya menjadikan masker sebagai formalitas dengan mengenakan di leher, dagu dan bahkan disimpan dalam tas dan saku. (c/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy