Kemenhub tak Sepakat Jalan Pelabuhan di Kolut Gunakan DAK – Kendari Pos
Kolaka Utara

Kemenhub tak Sepakat Jalan Pelabuhan di Kolut Gunakan DAK

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Pusat dipastikan melakukan perubahan total dermaga Pelabuhan Tobaku, Kecamatan Katoi, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) pada tahun 2021 mendatang. Namun pembuatan jalan menuju tempat sandar kapal itu masih dikaji dalam penggunaan pembiayaan yang sebelumnya diusulkan melalui dana alokasi khusus (DAK). Kepala Dinas Perhubungan Kolut, Ir. Junus, menjelaskan, Kemenhub memang telah melayangkan surat terkait kewenangan pengelolaan jalan ke Pemkab Kolut. Telah ada DAK yang siap untuk pengembangan pelabuhan.

“Ternyata terkendala aturan perundang-undangan. Tidak dibolehkan dalam satu lokasi pengerjaan dibiayai menggunakan dua sumber anggaran berbeda (APBN dan DAK),” tuturnya, akhir pekan lalu. Atas dasar itu, pihaknya telah melakukan diskusi dengan pihak Kemenhub agar alokasi dana yang bersumber dari APBN itu cukup ditambah sebagai mengganti DAK yang disiapkan. “Kemenhub melihat dari sisi aturan. Kami menurut saja dan sekiranya jumlah APBN itu cukup ditambah saja,” harap Junus.

Dana yang bakal digelontorkan pusat terkait pembiayaan perombakan total Pelabuhan Tobaku ditaksir Junus berkisar Rp 150 miliar. Khusus tahun ini, pengerjaan sandaran sementara pelabuhan, dipastikan tuntas. Proses yang berjalan saat ini adalah penambahan lebar jembatan trestel serta sandaran. Sementara 2021 sudah dimulai perombakan total dermaga yang ada saat ini guna dibangun dengan bentuk dan desain baru.

“Kemungkinan mulai pengerjaan April atau Juni. Yang jelas tahun depan dimulai karena di bawah pengelolaan pihak Balai,” tuturnya.
Sesuai masterplan, pelabuhan itu akan memfungsikan dua jembatan sandaran kapal dengan dua unit gedung ruang tunggu dan kantor pelayanan. “Jika pelabuhan mulai dirombak. Semua kapal bersandar di pelencengan,” pungkasnya. (c/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy