Kemenag Uji Publik KMA Pendidikan Profesi Guru – Kendari Pos
Nasional

Kemenag Uji Publik KMA Pendidikan Profesi Guru


KENDARIPOS.CO.ID — Kementerian Agama (Kemenag) melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah melakukan uji publik Keputusan Menteri Agama (KMA) tentang Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam Jabatan. Regulasi KMA yang sedang diuji publik sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan PPG bagi guru binaan Kemenag.

Regulasi KMA yang sedang diuji publik sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan Pendidikan Profesi Guru (PPG) bagi guru binaan Kemenag

“Dengan terbitnya KMA, akan menjadi payung hukum dan memberikan dampak yang lebih besar, tidak hanya digunakan sebatas komunitas muslim saja, tetapi pada ruang-ruang keagamaan yang lebih luas yang di dalamnya ada komunitas non muslim,” terang Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Islam, Muhammad Ali Ramdhani, melalui keterangan pers, Minggu (27/9).

Melalui KMA, diharapkan PPG dapat ditangani lebih serius dengan membentuk kepanitian berskala nasional. Tentunya memiliki PIC (person in charge) yang bertanggung jawab terhadap setiap kegiatan. Hal ini, menurutnya, akan memiliki kekokohan dalam membuat repository mengenai eksistensi guru-guru madrasah agar dapat menjadi lebih optimal.

Ia pun mengharapkan bahwa dengan adanya KMA Pendidikan Profesi Guru, penguatan kompetensi guru akan lebih optimal. Serta sebagai payung hukum akan memberikan ruang yang semakin nyata dan memperkokoh PPG sebagai salah satu pola pendidikan mainstream. “Semoga dengan kualitas PPG yang kuat, madrasah kita semakin kokoh, peserta didik kita semakin bermutu, serta pengetahuan agamanya memadai,” imbuhnya.

Direktur GTK Madrasah, Muhammad Zain, menyampaikan, melalui pelaksanaan uji publik KMA Pendidikan Profesi Guru, diharapkan pihaknya mendapatkan masukan-masukan dari banyak pihak. Sehingga akan menghasilkan KMA yang memiliki kualitas yang bagus.

“Kegiatan ini sangat penting, dan kami berharap lewat mekanisme ini berbagai masukan, pandangan, sekaligus kritikan disampaikan. Sehingga nanti, setelah menjadi KMA tidak menimbulkan masalah baru,” ucapnya. (jpg)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy