Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak Masih Jadi “PR” – Kendari Pos
Metro Kendari

Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak Masih Jadi “PR”


KENDARIPOS.CO.ID — Kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak masih menjadi “PR”. Sepanjang Januari hingga September 2020, tercatat 18 kasus. Namun dibandingkan dua tahun terakhir, tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak mengalami penurunan. Tahun 2019, tercatat 28 kasus dan 2018 terdapat 49 kasus.

Kabid Layanan Perlindungan Perempuan dan Anak Korban Kekerasan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Kendari, Fitriani Sinapoy mengungkapkan akan terus berusaha semaksimal mungkin meminimalisir terjadinya kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak. Jika bisa, tidak terjadi lagi kasusnya di kota Kendari.

“Dari 18 kasus yang ditangani terdiri dari 11 kasus kekerasan terhadap anak dan 7 kasus kekerasan terhadap perempuan. Keadaan seperti ini, sangat miris,” ujar Fitriani Sinapoy kemarin.

Pemkot sambungnya, selalu berusaha menjadi garda terdepan dalam masalah ini. Hanya saja, pemerintah tidak bisa bekerja sendirian. Ia mengajak seluruh masyarakat serta lintas instansi, bekerjasama saling mengedukasi dan mengingatkan untuk senantiasa berpartisipasi dan terlibat dalam upaya pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak.

“Di bidang layanan perlindungan perempuan dan anak korban kekerasan, terdapat beberapa program. Diantaranya, pencegahan kekerasan antara lain kampanye anti kekerasan terhadap perempuan dan anak, sosialisasi anti kekerasan terhadap perempuan dan anak, broadcast message yang tujuannya mengedukasi dan memberikan informasi pada masyarakat,” jelasnya.

Selain untuk pencegahan, pihaknya juga memberikan pelayanan pengaduan kekerasan terhadap perempuan dan anak, bentuknya fasilitasi layanan bagi korban kekerasan. Dalam memberikan pelayanan bagi korban kekerasan terhadap perempuan dan anak, DP3A bekerja sama dengan beberapa stakeholder terkait. Seperti Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Polres Kendari, LBH Kendari, Rumpun Perempuan Sultra, Dinas Sosial, Pengadilan Agama Kendari dan instansi terkait lainnya.

“Bentuk pelayanan yg diberikan dinas P3A melalui bidang layanan yakni fasilitasi layanan pengaduan, fasilitasi layanan kesehatan, fasilitasi layanan psikososial, fasilitasi bantuan hukum, fasilitasi rumah aman yang di dukung oleh fasilitas mobil perlindungan (molin). Kami senantiasa memberikan layanan terbaik bagi korban kekerasan terhadap perempuan dan anak dan terus mengajak masyarakat untuk Berjuang mencegah terjadinya Kasus Kekerasan tersebut,” pungkasnya. (b/m2)

Kasus Kekerasan di Kota Kendari
2018 49 Kasus
2019 28 Kasus
Hingga September 2020 18 Kasus
-Kekerasan Perempuan 7 Kasus
-Kekerasan Anak 11 Kasus

-Program Pelayanan
Layanan pengaduan
Layanan kesehatan
Layanan Psikososial
Bantuan Hukum
Fasilitas Rumah Aman
Mobil Perlindungan (Molin)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy