Kehormatan dari Dewan Kehormatan, Oleh : La Ode Diada Nebansi – Kendari Pos
Kolom

Kehormatan dari Dewan Kehormatan, Oleh : La Ode Diada Nebansi


KENDARIPOS.CO.ID — Luar biasa status yang disandang Pak Didik Supriyanto, bisa membuat kehormatan lembaga dan orang orang di dalamnya. Lebih luar biasa lagi Kendari Pos yang dikungjungi figur penentu kehormatan itu. Begitu prolog saya saat menyambut kehadiran Didik Supriyanto, salah satu anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

La Ode Diada Nebansi

Saya ngomong lagi. Dalam hal karya bakti terkait kepemiluan, saya bangga saat menjadi anggota Tim Seleksi (Timsel) calon Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muna Barat dimana mereka-mereka yang terpilih ternyata disertifikasi terbaik oleh KPU Pusat sebagai penyelenggara Pemilu terbaik kedua, terutama soal pemutakhiran data pemilih. Tentu, prestasi nasional ini, selain KPU Muna Barat yang mengokohkan kehormatannya, KPU Provinsi Sultra pun turut keciprat dongkrakkan kehormatan. Artinya, DKPP tak perlu meragukan kehormatan penyelenggara Pemilu di Sultra.

Tapi bahwa, yang namanya manusia sebagai makhluk sosial tetap harus dipantau. Komioner diharapkan bebas nilai. Bebas dari intervensi. Tak terdikte. Dan lain sebagainya yang bisa mengoyak kinerja dan integritas penyelenggara Pemilu. Dan, tak gampang menemukan tindakan subyektif dan permainan sim salabim penyelenggara Pemilu.

Karena itu, Kendari Pos yang dihuni oleh orang orang yang memiliki informasi kunci di Sultra, Kendari Pos yang memiliki jaringan seluruh level masyarakat menjadi pilihan kunjungan DKPP.

Tak ada maksud lain selain mempertahankan kehormatan. Tak ada maksud silent untuk memperkuat salah satu figur dari para kandidat kepala daerah yang bertarung selain dari keinginan lahirnya pemimpin yang terpilih secara demokratis yang pada akhirnya situasi masyarakat pemilih tetap kondusif, aman, damai dan stabil.

Kenapa? Memang, keributan di Pilkada, kegaduhan masyarakat di daerah pemilihan tak jarang disulut oleh tindakan langsung maupun tak langsung terhadap keberpihakan kepada salah satu kandidat. Dan, itu terlihat dalam setiap sidang sengketa Pilkada di Gakumdu dan MK. Termasuk, keberpihakan penyelenggara ini juga terlihat dari banyak putusan DKPP di setiap jenis sanksi yg dijatuhkan kepada penyelenggara Pemilu.

Di sisi lain, komisioner penyelenggara Pemilu diingatkan untuk mengetahui dirinya bahwa ia adalah petugas yang diamanahi oleh negara untuk melahirkan kepala daerah ideal.

Bagi Kendari Pos, cinderamata yang diserahkan Didik Supriyanto, anggota DKPP berupa miniatur palu sidang secara tak langsung sesungguhnya telah diserahi tanggujawab untuk mencatat setiap komisioner yang menyimpang.

Hebatnya, selain pesan yang bisa direcord juga ada pesan off the record. Belum selesai sampai di situ, upaya untuk mengawasi penyelenggara dan seluruh strukturnya karena Mas Didik juga masih tukar-tukaran nomor ponsel. “Kalau ada apa-apa, bisa juga WA-an Mas. (nebansi@yahoo.com).

La Ode Diada Nebansi (Direktur Kendari Pos)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy