Kawal Program Pemerintah, DJPb Sultra Gandeng Kendari Pos – Kendari Pos
Nasional

Kawal Program Pemerintah, DJPb Sultra Gandeng Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Pengelolaan anggaran oleh pemerintah daerah seyogyanya dapat diawasi publik. Informasi yang perlu diketahui masyarakat, tidak boleh lagi hanya menjadi milik pemerintah. Karenanya, peran media massa sebagai perantara atau mediator antara pihak pemerintah dan masyarakat sangat dibutuhkan.

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Sultra, Arif Wibawa (dua dari kanan) menyerahkan cendera mata kepada Dirut Kendari Pos, Irwan Zainuddin (tiga dari kiri). Turut mendampingi Direktur Kendari Pos La Ode Diada Nebansi (dua dari kiri), Kabag Umum DJPb Sultra Joko Pramono (kiri) dan Kepala Bidang PPA I DJPb Sultra, Muh. Agus Lukman Hakim (kanan).

Atas alasan tersebut, Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Arif Wibawa beserta jajarannya menyambangi kantor Harian Kendari Pos, Kamis (10/9). Dalam kunjungannya, Arif Wibawa mengajak Harian Kendari Pos untuk berkolaborasi dalam menyebarluaskan informasi khususnya terkait program-program pemerintah yang sumber dananya menggunakan APBN.

“DJPb ingin mendorong keterbukaan informasi. Sekarang bukan lagi saatnya data dan informasi kita keep (rahasiakan) dari publik. Data-data itu memang selayaknya dimengerti dan dipahami publik. Program pemerintah khususnya dari Kementerian Keuangan agar bisa dishare kepada masyarakat. Kami ingin mengajak Kendari Pos untuk bersinergi,” ujar Arif Wibawa yang didampingi Kabag Umum Kanwil DJPb Sultra, Joko Pramono dan Kepala Bidang PPA I Kanwil DJPb Sultra, Muhammad Agus Lukman Hakim, kemarin.

Ia berharap, melalui sinergisitas yang dibangun tersebut, progres program-program di Sultra utamanya terkait kebijakan fiskal dapat terlaksana sebagaimana mestinya. Menurut Arif, Kendari Pos perlu menjadi wadah penyebarluasan informasi karena kedudukannya yang masih menjadi kiblat informasi oleh masyarakat Sultra termasuk DJPb sendiri.

“Kami masih menjadikan berita-berita di Kendari Pos sebagai rujukan. Dengan usianya saat ini tentu Kendari Pos sudah profesional dalam menyajikan dan mengolah informasi,” imbuhnya.

Lebih jauh Arif menjelaskan bahwa keterlibatan media massa dalam mengawal pelaksanaan program pemerintah sangat penting untuk mendorong tata kelola pemerintahan yang sehat. Media mampu memberikan support agar kemandirian Pemda dapat tercapai. Salah satunya, Pemda bisa mengoptimalkan pemanfaatan APBN untuk mendorong penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

DJPb juga mempunyai tanggung jawab memastikan agar program strategis nasional di daerah dapat tercapai.

“Kita menilai, pemerintahan yang ideal itu seperti apa. Pemda yang mandiri seharusnya bagaimana. Jangan dana yang digelontorkan pemerintah pusat hanya dimanfaatkan untuk pembangunan infrastruktur namun tidak berdampak positif pada PAD,” terangnya.

Kata pengganti Ririn Kadariah itu, pemerintah pusat telah menggelontorkan triliunan rupiah melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). DJPb yang salah satu fungsinya menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pelaksanaan anggaran, maka
perlu mengawal penyaluran dana APBN tersebut.

“Program-program strategis harus bisa dipublikasi melalui koran Kendari Pos. Kami berharap informasi mengenai program PEN ini bisa sampai kepada masyarakat luas,” tandasnya.

Gayung bersambut, Direktur Utama Kendari Pos, Irwan Zainuddin mengamini ide dan rencana Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Sultra, Arif Wibawa tersebut. Menurut Irwan Zainuddin, apa yang diharapkan DJPb Sultra sejalan dengan visi Kendari Pos.

“Terima kasih atas kunjungannya. Mudah-mudahan sinergisitas antara Kendari Pos dengan DJPb Sultra terus berlanjut. Kendari Pos selalu berusaha agar informasi mengenai kegiatan pemerintah bisa sampai kepada publik. Ini sesuai dengan fungsi supporting media terhadap kerja-kerja pemerintah,” tutur Irwan Zainuddin, kemarin.

Pada kesempatan itu, Irwan Zainuddin memaparkan tentang perjalanan panjang Kendari Pos hingga memasuki usianya yang ke-25 tahun. Di tengah persaingan yang semakin ketat, Kendari Pos selalu berusaha menjadi lokomotif media massa di Sultra.

“Kendari Pos selalu berusaha untuk beradaptasi dengan setiap perubahan. Misalnya, dengan membentuk media online dan menerbitkan e-koran untuk menyesuaikan dengan tuntutan digitalisasi. Selain itu, peningkatan kualitas SDM juga menjadi perhatian utama di Kendari Pos,” pungkasnya. (uli/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy