Jumlah Hadirin Debat Paslon Dibatasi – Kendari Pos
Politik

Jumlah Hadirin Debat Paslon Dibatasi

KENDARIPOS.CO.ID — Penyelenggaraan debat pasangan calon kepala daerah di Pilkada 2020 berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Akibat pandemi Covid-19 belum reda, debat kandidat yang dijadwalkan 26 September hingga 5 Desember sesuai PKPU No. 5 tahun 2020 itu, tak akan digelar di tempat terbuka.

La Ode Abdul Natsir

Ketua KPU Sultra, Abdul Natsir Muthalib mengatakan debat pasangan calon akan dilaksanakan dalam studio atau lembaga penyiaran dan wajib mengikuti regulasi protokol kesehatan. Selain digelar di tempat khusus, peserta debat hanya boleh dihadiri oleh Paslon, anggota tim kampanye dalam jumlah terbatas. Termasuk tim penyelenggara KPU dan Bawaslu sesuai wilayah kerja masing-masing.

Ia mengatakan ketentuan lain adalah tidak diizinkan untuk menghadirkan undangan, penonton, atau pendukung. Semua peserta yang hadir wajib menerapkan protokol kesehatan, terutama memakai masker, mencuci tangan (rutin) dan menjaga jarak minimal 1 meter.

Jika lembaga penyiar tidak dapat melakukan penyiaran secara langsung, kata dia, maka boleh menggunakan sistem siaran tunda. Yang, nantinya dapat disiarkan kembali ke ruang publik.

Sementara itu, metode rapat umum dianjurkan menggunakan sistem daring. Namun jika dilakukan dengan mekanisme interaksi langsung, maka harus mengikuti ketentuan seperti, digelar pada ruang terbuka, dengan waktu dimulai pukul 09:00 Wita dan berakhir maksimal pukul 17:00 Wita. Catatannya menghormati waktu atau hari ibadah sesuai keyakinan masing-masing. Tempat yang menjadi sarana pelaksanaan merupakan wilayah zona hijau.

“Peserta yang ikut serta, paling banyak 50 persen dari kapasitas tempat (ruang terbuka), dan jarak antara peserta minimal 1 meter,”tandasnya. (m6/c).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy