Jaga Kualitas Hasil Tangkap, Pemot Kendari Bangun Cold Storage – Kendari Pos
Metro Kendari

Jaga Kualitas Hasil Tangkap, Pemot Kendari Bangun Cold Storage

KENDARIPOS.CO.ID — Hasil tangkap nelayan Kota Kendari cukup tinggi. Informasi dari Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kendari menyebutkan sekitar 8 – 10 ton ikan semua jenis berhasil didaratkan tiap hari. Jika musim tangkap tiba sekitar bulan Oktober dan November, hasil tangkapan bisa mencapai 60 ton per harinya.

Tiap tahun, Pemkot Kendari menyalurkan bantuan alat tangkap ikan kepada nelayan. Wali Kota Kendari, Sulkarnain kadir (pakai jas) menyerahkan bantuan jaring.

Melihat potensi itu, Pemerintah Kota Kendari berinisiatif membangun Cold Storage (Ruang Pendingin Ikan) yang diperuntukkan sebagai penampung hasil (ikan) tangkapan nelayan. Gagasan itu direspon Kementerian Keluatan dan Perikanan (KKP). Dirjen Perikanan menyetujui usulan itu. Tahun depan, KKP akan membangun Cold Storage di Kota Kendari.

“Alhamdulillah, usulan kita sudah disetujui KKP. Yakni penyediaan Cold Storage dengan kapasitas 500 ton. Pembangunannya tahun depan. Cold Storage menjadi satu alternatif pengendalian inflasi juga di sektor perikanan khususnya pada komoditi ikan segar,” kata Sulkarnain, kemarin.

Soal lokasi dan total investasi pembanguan, Sulkarnain mengaku masih mengkordinasikannya dengan pihak kementerian. Yang jelasnya kata dia, pihaknya hanya dipersyaratkan KPP untuk penyediaan laham pembangunan. “Kami sudah siapkan lokasinya. Rencana Cold Storage akan dibangun di Kompleks UPTD PPDI atau lebih tepatnya di samping depan Pasar Sentral Kelurahan Sanua,” kata Sulkarnain.

Lebih lanjut, Sulkarnain mengungkapkan pembangunan Cold Storage dilakukan guna menjaga kualitas hasil tangkap nelayan agar tetap segar dan masih bernilai jual tinggi.

“Keluhan para nelayan di Kendari saat ini adalah, jumlah hasil tangkapan mereka terus meningkat namun permasalahnnya adalah terbatasnya ruang pendingin sebagai fasiltas untuk menyimpan hasil tangkapan ikan mereka agar tetap terjaga kualitasnya,” ungkapnya.

Meskipun sudah ada yang dibangun pemerintah di kawasan pelabuhan perikanan samudra (PPS) dengan daya tampung 200 ton kata Sulkarnain, akan tetapi dianggap masih kurang karena setiap tahun jumlah kapal dan nelayan yang melakukan penangkapan ikan juga terus bertambah.

“Berdasarkan informasi dari Dinas Perikanan, khusus di Kota Kendari ada sekira 1.700 nelayan. Tentu dengan beragam jumlah hasil tangkapan. Nah, hadirnya Cold Storage sangat penting sebagai wadah penampung ikan agar kualitasnya tetap terjaga supaya harga ikan hasil tangkapan nelayan masih . Ini tentunya membantu nelayan kita,” kata Sulkarnain. (b/adv/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy