Imam Keraton Kulisusu Ingin “Minta Maaf” di TPS

KENDARIPOS.CO.ID — Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Buton Utara (Butur) mengundang perhatian serius dari tokoh-tokoh setempat. Imam Masjid Keraton Kulisusu, Gusti secara terbuka menyatakan dukungannya kepada Ridwan Zakariah.

Calon Bupati Butur Ridwan Zakariah (tiga kanan), Calon Wakil Bupati Butur Ahali (dua kanan), Ketua DPW PAN Sultra Abdurrahman Shaleh (empat kanan) saat deklarasi untuk berlaga di Pilkada

Dihubungi via telepon, kemarin, Gusti mengatakan bahwa dirinya boleh dikata telah melakukan kekeliruan dalam Pilkada lima tahun lalu dengan tidak memilih Ridwan Zakariah. Karena itu, pada Pilkada 4 Desember mendatang, ia mengajak masyarakat untuk menyalurkan pilihannya kepada figur yang tepat. “Pilihan saya nanti dalam TPS, saya artikan sebagai tanda permohonan maaf,” kata Gusti.

Gusti menjelaskan, penglihatan dan amatan masyarakat Butur tak bisa ditutup-tutupi. Hasil-hasil pembangunan begitu jelas tampak di depan mata. Dan, semua yang tampak itu adalah hasil karya Ridwan Zakariah saat menjabat sebagai Bupati Butur, pada periode lalu. “Mata ini tak bisa dibohongi. Semua pembangunan yang ada saat ini adalah karya Pak Ridwan. Jalanan yang pernah dibangun Pak Ridwan sekarang sudah lubang-lubang. Kita ingin mengembalikan semangat membangun pada lima tahun lalu dan kami berdoa, semoga Pak Ridwan kembali tampil sebagai pemimpin kami,” katanya.

Hal serupa juga disampaikan Mail Ramli, tokoh Pemuda setempat. Dijelaskan, masyarakat Butur rindu dengan kepemimpinan Ridwan Zakariah. Mantan Bupati Butur itu, kata Mail, begitu dekat dan akrab dengan rakyatnya. Intensitas Ridwan Zakariah yang rajin turun menemui rakyatnya di desa-desa dan kampung-kampung saat menjabat Bupati Butur, benar-benar sangat dirindukan. “Silaturrahmi antara Bupati dan rakyat tak pernah kelihatan selama ini. Dan, itu yang dirindukan masyarakat sekarang,” kata mantan aktivis Walhi Sultra ini.

Hal lain yang mendorong masyarakat Butur untuk memperkuat Ridwan Zakariah adalah visi misi yang dianggap akan mendorong dan mempercepat pembangunan Butur. Salah satu point yang disebutkan Mail Ramli adalah pengakuan Ridwan Zakariah yang akan membenahi seluruh bangunan infrastruktur yang pernah dibangunnya pada periode lalu, dan kini telah mengalami kerusakan besat tanpa perbaikan.

“Karya Ridwan Zakariah yang benar-benar merubah Buton Utara adalah suksesnya membuka jalan poros Labuan-Ereke. Masyarakat Butur yang hanya mengandalkan poros Maligano-Ronta-Ereke dengan waktu tempuh berjam-jam, dengan poros baru Labuan-Ereke yang dibangun Pak Ridwan, waktu tempuh menjadi sangat singkat. Sekarang, poros itu sudah rusak parah. Artinya, dalam visi misi Pak Ridwan yang akan membenahi seluruh ruas jalan di Butur, kami yakini pasti terjadi. Apa sebab? Karena, jangankan pembenahan poros jalan jalan yang sudah terbangun, pegunungan, tebing dan hutan belantara saja bisa “dirobek-robek” oleh Pak Ridwan. Itu yang membuat masyarakat terpanggil dengan sendirinya. Supaya anda dan wartawan lain tahu, bahwa situasi dukungan saat ini di Butur, seperti kejadian pada lima tahun lalu,” ujar Mail.

Keadaan dukungan yang berbalik ke Ridwan Zakariah ini, lanjut Mail, dapat dilihat pada setiap acara yang digelar Ridwan Zakariah. Misalnya acara penjembutan. Tanpa diajak, masyarakat berbondong-bondong datang. Memang, ada juga yang diajak. Tapi, massa yang hadir benar-benar menggelengkan kepala. Tanpa uang, tanpa pengerahan tapi masyarakat datang sendiri. “Mungkin masyarakat rindu dan menyadari bahwa Pilkada pada 5 tahun lalu kita salah memilih dan Pilkada kali ini kita akan perbaiki,” pungkasnya.(m6/b)

Facebooktwittermail

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.