Hari Ini, Pemkot Kendari Launching Layanan “Jakpa”

KENDARIPOS.CO.ID — Pemkot Kendari tak hentinya berinovasi dalam memberikan pelayanan maksimal kepada warganya. Teranyar, Pemkot melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) menghadirkan layanan Pajak Menyapa (Jakpa). Rencananya, layanan tersebut bakal dilaunching hari ini.

Pemkot Kendari bakal melaunching layanana pajak menyapa (Jakpa) hari ini. Warga mencoba mengakses layanan Jakpa. Melalui inovasi ini, masyarakat dimudahkan untuk membayar pajak

Kepala Bapenda Kota Kendari, Yusnita mengungkapkan bahwa untuk tahap awal, layanan pajak menyapa menggunakan layanan web base. Dimana di website itu telah dilengkapi sejumlah fitur (menu) untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan pembayaran.

“Jadi masyarakat nanti bisa mengakses layanan ini melalui website jakpa.kendarikota.go.id. Di web itu sudah tersedia sejumlah fitur (menu). Salah satunya adalah fitur PBB. Sedangkan yang lainnya masih dalam tahap pengembangan,” ungkapnya, kemarin.

Mantan Kepala DPM PTSP ini menjelaskan, untuk memudahkan layanan bagi masyarakat yang hendak membayarkan PBB, warga bisa langsung mendaftarkan diri dengan melengkapi formulir yang tersedia termasuk data tentang objek pajaknya.

Jika sudah mendaftar dan terdaftar, warga bisa secara langsung melihat besaran tagihan PBB yang akan dibayar, termasuk jika memiliki tunggakan. “Untuk jangka pendek kita akan mulai dengan layanan Pajak Bumi Dan Bangunan (PBB), sedangkan jangka panjangnya akan menyusul layan pembayaran pajak lainnya yang dikelola Bapenda,” tambahnya.

Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir menyambut baik hadirnya layanan tersebut. Menurutnya layanan tersebut adalah sebuah terobosan guna memaksimalkan pendapatan asli daerah (PAD).

“Ini merupakan wujud kami menghadirkan pengelolaan keuangan yang akuntabel dan transparan sesuai arahan BPKP. Insyah allah dengan Jakpa, potensi terjadinya kebocoran anggaran bisa dicegah. Karena semua melalui sistem dan juga diawasai langsung oleh Inspektorat dan lembaga pengawas lainya seperti BPK, BPKP dan KPK,” ungkap Sulkarnain. (b/ags)

Facebooktwittermail

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.