Hari Ini, Ekspos Pembangunan Dua Tahun Aman – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Hari Ini, Ekspos Pembangunan Dua Tahun Aman


KENDARIPOS.CO.ID — Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi punya petinggi organisasi perangkat daerah (OPD) andal. Mereka adalah pasukan tangguh duet Ali Mazi-Lukman Abunawas (Aman). Di tangan merekalah, Gubernur Sultra Ali Mazi dan Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas berharap percepatan pembangunan dan pencapaian visi misi yang tertuang dalam Gerakan Akselerasi Pembangunan Daratan dan Lautan (Garbarata).

Pasukan tangguh itu adalah Kepala BPKAD Sultra Hj. Isma, Kepala Dinas Dikbud Sultra Asrun Lio, dan Kepala Dinas Cipta Karya
Sultra Pahri Yamsul. Selain itu Kepala Bappeda Sultra Johanes Robert, Kepala Dinas Kesehatan Sultra dr.Muh.Ridwan, dan Kepala Dinas SDA dan Bina Marga Sultra Abdul Rahim.

Performa kinerja orang-orang pilihan itu tak diragukan selama berkarier di birokrasi. Tak salah jika Ali Mazi-Lukman Abunawas memilih mereka untuk bekerja merealisasikan program kerja Pemprov Sultra dan dipersembahkan untuk daerah dan masyarakat Sultra. Hari ini, hasil polesan tangan dingin mereka akan tersaji dalam ekspos dua tahun pembangunan Ali Mazi-Lukman (Aman) yang digelar di Claro Hotel Kendari.

Sederet prestasi Hj.Isma dalam urusan tata kelola keuangan dan aset daerah sudha diterohkan. Selama menjabat Kepala BPKAD Sultra, Hj.Isma mengantarkan Pemprov Sultra mengoleksi tujuh opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sultra. Dua diantaranya dipersembahkan di era pemerintahan duet Ali Mazi-Lukman Abunawas (Aman).

“Kita berhasil meraih WTP dari BPK RI. Ini merupakan capaian kedua berturut-turut di masa kepemimpinan Gubernur Sultra, Ali Mazi dan Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas,” kata Hj.Isma, kepada Kendari Pos, Jumat (4/9), kemarin.

Inovasi program juga lahir dari ide brilian Hj.Isma. Ia membentuk Unit Reaksi Cepat (URC) BUD untuk memback up sistem informasi laporan penyerapan anggaran (Silpa). Melalui aplikasi ini, progres penyerapan anggaran di tiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Sultra bisa terpantau.

“Sistem ini juga membantu pemerintah dalam mendeteksi masalah. Bila ada proyek yang tidak jalan, pasti akan terlihat. Bila demikian, kami akan berkoordinasi dengan OPD terkait untuk mencarikan solusi. Dengan begitu, tak perlu lagi ada program yang tidak jalan,” ujar Hj. Isma.

Dari sektor pendidikan, Ali Mazi-Lukman mengandalkan loyalitas dan dedikasi kerja Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra, Asrun Lio. Asrun Lio bersama dinas yang dipimpinnya menjadi garda terdepan dalam pembangunan SDM melalui sektor pendidikan untuk melahirkan generasi bangsa berkualitas. Adalah program Sultra Cerdas menjadi ujung tombak mewujudkan SDM Sultra berkualitas.

“Program yang tercantum di dalam visi misi Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra, Ali Mazi-Lukman Abunawas (AMAN) yakni beasiswa, penambahan sarana dan prasarana fasilitas pendukung pendidikan, peningkatan mutu pendidikan melalui sumber daya guru pengajar di sekolah, serta pembenahan sistim sekolah yang bersih agar terhindar dari prosesi indikasi KKN,” ujar Asrun Lio.

Dari sektor kesehatan, pasangan Aman mengandalkan gerak cepat Plt.Kepala Dinas Kesehatan Sultra, dr.Muh Ridwan. Dinkes Sultra masif menghadapi serangan wabah Covid-19. Dinkes Sultra dalam kendali dr.Muh.Ridwan gencar mengkampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Momentum ekspose dua tahun kepemimpinan pasangan berakronim “AMAN”, Dinkes meluncurkan program Senam Garbarata untuk meningkatkan imunitas tubuh guna mencegah terserang Covid-19.

“Jadi kita, sesungguhnya telah banyak melakukan gebrakan hingga sampai di dua tahun kepemimpinan Gubernur Ali Mazi dan Wakil Gubernur Lukman Abunawas. Tetapi karena saat ini masih merebak pandemi, kita juga melaunching program pemerintahan “Aman” di tahun kedua yaitu Senam Garbarata menuju Sultra sehat,”terang dr. Ridwan, kemarin.

Kata dia senam Garbarata ini merupakan senam sehat untuk meningkatkan imunitas guna mencegah penyebaran Covid-19. Senam sehat ini bertujuan untuk menyosialisasikan dan mengajak masyarakat berperilaku hidup sehat dalam rutinitas sehari-hari. Bukan hanya dalam instansi pemerintah, tetapi masyarakat juga dapat mengaplikasikan senam ini dalam kehidupan sehari-hari.

Dari sektor pembangunan infrastruktur vital, pasangan Ali Mazi-Lukman mengandalkan kerja-kerja seorang Pahri Yamsul. Dia adalah Kepala Dinas Cipta Karya, Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sultra. Dipundak Pahri, Gubernur Ali Mazi berharap Sultra yang aman, maju, sejahtera dan bermartabat terwujud. Dua dari tiga mega proyek Aman yakni, pembangunan gedung perpustakaan bertaraf internasional dan Rumah Sakit (RS) Jantung berada di dinas yang dinahkodai Pahri Yamsul.

“Hingga saat ini progres pembangunan perpustakaan mendekati 80 persen. Pengerjaan struktur gedung tujuh lantai sudah rampung. Kini, sudah masuk pemasangan instalasi, kaca gedung dan pengecoran kubah. Beberapa bagian malah telah masuk tahap finishing,” kata Pahri Yamsul kemarin.

Pembangunan RS Jantung masih berproses. Tahun ini, pengerjaan proyek senilai Rp 390 miliar ini telah masuk tahap kedua. Saat ini, tinggal menunggu MOU-nya. Jika sudah rampung, proyeknya akan segera dilelang. “Tahun ini, kami ditugaskan membangun ruang isolasi pasien covid-19 dan melanjutkan proyek Mess Makasar. Untuk ruang isolasi sudah tuntas, sementara mess Makasaar telah mencapai 55 persen untuk kegiatan eksterior dan interior,” ungkap Pahri.

Mega proyek lainya duet Ali Mazi-Lukman (Aman) adalah jalan wisata Kendari-Toronipa. Adalah Dinas Sumber Daya Air (SDA) dan Bina Marga menjadi garda depan dalam menyukseskan program mega proyek pasangan Aman tersebut.

Kepala Dinas SDA dan Bina Marga, Abdul Rahim berkomitmen menuntaskan mega proyek tersebut. Saat ini, on progres. Telah memasuki pengerjaan tahap II. “Pembangunan akses jalan Kendari-Toronipa dimaksudkan untuk memaksimalkan potensi ekonomi di kawasan Toronipa dan daerah lain di sekitarnya,” ujar Abdul Rahim.

“Toronipa ditetapkan sebagai kawasan pariwisata daerah. Bakal terkoneksi dengan pariwisata lainnya. Nantinya akan memiliki multiplier effect. Supaya maksimal, butuh dukungan semua pihak,” jelasnya. Lebih jauh Abdul Rahim menjelaskan, saat ini pembangunan jalan Toronipa berjalan baik. Tahap pertama sudah selesai 3,42 kilometer. Kemudian, tahap II akan dituntaskan 11 kilometer. “Rencana, akan dituntaskan tahun 2021. Semoga tidak akan kendala,” harapnya.

Selain itu, lembaga yang dinakhodai Abdul Rahim itu meningkatkan daya saing wilayah dan membangun, serta memperbaiki konektivitas antar wilayah. “Itu semua menjadi tugas kami dalam mendukung misi Sultra maju, aman dan sejahtera seperti harapan gubernur,” ungkap Abdul Rahim.

Mantan Kepala Dinas PU Kota Baubau itu menambahkan, untuk ke depan fokus pembangunan Jembatan Buton-Muna. “Dokumen dan persyaratan pendukung hampir tuntas. Kita upayakan agar program itu dapat terealisasi cepat. Prinsipnya, tugas saya membantu mewujudkan visi dan misi gubernur dan wakil gubernur. Di mana, kinginan itu adalah membangun daya saing wilayah dan meingkatkan konektivitas antar wilayah melalui pembangunan dan perbaikan infrastruktur,” pungkasnya.

Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sultra, Nur Endang Abbas mengatakan pelaksanaan ekspos dua tahun pembangunan Gubernur Sultra, Ali Mazi dan Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas berbeda dengan tahun lalu. Pandemi covid-19 yang belum berakhir mengharuskan pemerintah membatasi peserta yang akan hadir.

“Ekspos kali ini lebih kepada harmonisasi singkronisasi terkait materi yang akan disampaikan pada ekspos dua tahun nanti. Seremoni Dilaksanakan namun dengan undangan terbatas. Yang mana, gubernur akan menampilkan pencapaian apa yang menjadi visi misinya pada tahun kedua serta untuk mencapai visi dan misi pencapaian 5 tahun kedepan,” kata Nur Endang Abbas. (m6/ags/rah/yog/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy