Hadiri Pengukuhan Pengurus LAT Kendari, Wali Kota : Jaga dan Lestarikan Nilai Budaya Kita – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Hadiri Pengukuhan Pengurus LAT Kendari, Wali Kota : Jaga dan Lestarikan Nilai Budaya Kita

Ketua DPP LAT Provinsi Sultra, Masyhur Masie Abunawas (kiri) menyerahkan Kalo Sara kepada Ketua DPD LAT Kota Kendari, Sri Yastin (tengah) didampingi Sekretaris Umum DPD LAT Kota Kendari, Basrin Melamba (kanan) serta Ketua Panitia Musda dan Pengukuhan LAT Kota Kendari, Alamsyah Lotunani (dua dari kanan) di Hotel Kubra, Sabtu (12/9/2020).

KENDARIPOS.CO.ID — Usai terpilih aklamasi dalam Musyawarah Daerah, Dra. Hj. Sri Yastin.,MM dikukuhkan sebagai nakhoda baru di Dewan Pengurus Daerah (DPD) Lembaga Adat Tolaki (LAT) Kota Kendari periode 2020-2025. Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Kendari itu tak sendiri. Sekretaris Umum, Dr. Basrin Melamba dan pengurus DPD LAT Kota Kendari turut dikukuhkan oleh Ketua DPP LAT Provinsi Sultra, Masyhur Masie Abunawas.

Pengukuhan dihadiri Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, Wakil Wali Kota Kendari, dr. Siska Karina Imran, Ketua TP PKK Sri Lestari, Ketua DPRD Kota Kendari, Subhan, tokoh adat, tokoh paguyuban etnis yang ada di Kota Kendari dan sejumlah pimpinan OPD Pemkot Kendari.

Ketua Umum DPD LAT Kota Kendari, Sri Yastin dan Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir punya pandangan dan harapan yang sama agar LAT dan Pemkot bersinergi dalam membangun Kota Kendari. Sri Yastin mengatakan amanah  besar yang kini ada dipundaknya mesti berkontribusi dalam mewujudkan perubahan di daerah. “Sebagai pimpinan baru saya mempunyai target ke depan agar LAT dapat  mengambil peran penting dalam  pembangunan Kota Kendari menjadi lebih maju,” ujar Sri Yastin saat didaulat menyampaikan kata sambutan.

Sri Yastin mengungkapkan forum Musda telah mengamanahkan tugas pengabdian kepadanya dan para pengurus. Untuk itu, dia meminta jangan dibiarkan berjalan sendiri. Semua elemen bekerja bersama melakukan penguatan kelembagaan dan demi menarapkan nilai-nilai adat Tolaki.

Ketua DPP LAT Provinsi Sultra, Masyhur Masie Abunawas (kiri) bersama Redaktur Pelaksana Kendari Pos, Hasruddin Laumara (kanan) yang turut dikukuhkan sebagai Pengurus DPD LAT Kota Kendari 2020-2025.

“Terima kasih atas amanah ini. Mohon ingatkan saya ketika saya salah arah dalam menakhodai lembaga ini. Mari satu napas,bersatu dan bersama-sama membangun daerah Kota Kendari, ” ujarnya saat menyampaikan sambutan pengukuhan, Sabtu (12/9/2020).

Sri Yastin mengajak semua LAT untuk bekerja dan bersama-sama mengembangkan kebudayaan adat Tolaki di kancah lokal agar terus terlestarikan sehingga dapat bertahan dari generasi ke generasi. Dia berharap Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir memberikan perhatian untuk kerja-kerja LAT Kota Kendari ke depannya. 

“Dalam kesempatan ini, saya meminta wali kota untuk memberika perhatian sebab LAT Kota Kendari sebagai mitra Pemkot Kendari. LAT akan membangun rumah adat yang mencirikan adat Tolaki, ” ungkap Sri Yastin.

Komitmen Sri Yastin akan membawa LAT berkontribusi dalam pembangunan daerah di apresiasi Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir selaku Ketua Dewan Pembina LAT Kota Kendari. “Mari kita bangun Kota Kendari dengan budaya kita. Eksistensi LAT sangat berarti dalam menyongsong Kota Kendari menjadi daerah yang bernilai kebudayaan tinggi, dengan keberagaman suku yang ada di Kota Kendari,” ujar Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir. 

Dia percaya LAT Kota Kendari dapat membawa gerakan baru untuk lebih mempererat kebudayaan dan adat istiadat dalam tatanan kehidupan bermasyarakat.

“Tentunya ini bisa menjadi momentum bagi kita semua untuk terus melestarikan budaya adat istiadat. Mari kita jadikan ini sebagai kekayaan serta kebanggaan,” ungkapnya. 

Wali Kota Kendari, Sulkarnain juga berharap pengukuhan LAT ini menjadi momentum mengokohkan semangat dan motivasi  kebersamaan sehingga adat istiadat masyarakat Tolaki dapat dipertahankan dan  dikembangkan serta menjadi kebanggaan generasi selanjutnya. 

Menurutnya eksistensi LAT ini sesuai dengan Permendagri nomor 52 tahun 2007 tentang pedan pelestarian dan pengembangan adat istiadat dan nilai sosial budaya masyarakat. 

“Ini serangkaian nilai-nilai yang fungsinya untuk meningkatkan nilai moral dan budaya masyarakat. Ini bukan hanya tugas pengurus LAT namun tanggung jawab semua pihak. 

Kita tak ingin generasi mendatang tercabut dari akar budayanya. Saya mengajak semua pihak dan elemen masyarakat Kendari untuk ambil tanggung jawab ini. Mari bergandeng tangan dan menjaga harmonisasi sehingga nilai budaya Tolaki di Kendari terjaga dan terlestarikan, “jelas Sulkarnain Kadir sembari berkomitmen akan tindaklanjuti harapan-harapan Ketua LAT Kota Kendari Sri Yastin terkait dukungan Pemkot pada program kerja LAT.

Sebelumnya, Ketua Umum DPP LAT Provinsi Sultra, Masyhur Masie Abunawas meminta LAT Kota Kendari bersinergi dengan Pemkot Kendari dalam  membangun daerah agar Kota Kendari menjadi modern dan lebih maju.

“Silakan bekerja dengan memanfaatkan segala potensi karena para pengurus adalah orang-orang pilihan. Mari bersama-sama membangun Kota Kendari, ” ujar mantan Wali Kota Kendari itu sembari meminta 

Wali Kota Kendari mendukung program kerja LAT Kota Kendari. (m5/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy