Hadiri Kampanye, Legislator Harus Izin – Kendari Pos
Politik

Hadiri Kampanye, Legislator Harus Izin

KENDARIPOS.CO.ID — Anggota DPRD Konawe Selatan (Konsel) tak bisa dengan bebas mengikuti kampanye pasangan calon (paslon) kepala daerah. Legislator harus mengantongi izin dari Sekretariat DPRD untuk menghadiri kampanye.

Anggota Bawaslu Konsel, Awaluddin Ak mengatakan tak hanya mengawasi aparatur sipil negara (ASN), lembaganya juga memantau gerak-gerik legislator Konsel. Berdasakan peraturan perundang-undangan, bagi anggota DPRD yang hendak mengikuti kampanye paslon, wajib mengantongi izin dari lembaganya.

“Aturannya jelas dalam PKPU nomor 11 tahun 2020, bahwa bagi Gubernur, wakil Gubernur, Walikota, Bupati, Wakil Bupati, anggota DPRD, serta pejabat negara lainnya apabila hendak melaksanakan kampanye wajib mengajukan izin kampanye. Misalkan kalau anggota DPRD itu, bisa izin di Sekretaris DPRD,” ungkapnya.

Adapun izin tersebut, kata Koordinator Divisi Hukum Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Pemilu Bawaslu Konsel ini, minimal tiga hari sebelum kegiatan kampanye. Dan itu dapat disampaikan kepada pejabat berwenang, KPU dan Bawaslu. “Oleh karenanya, fokus kita selain ASN, juga kita pantau sejumlah anggota DPRD yang ikut serta dalam kampanye paslon. Ketika kita temukan, tentu kita lihat apakah memiliki izin atau tidak,” imbuhnya.

Disisi lain, sambung alumni IAIN Kendari ini, selain surat izin, beberapa hal yang menjadi larangan bagi legislator dalam mengikuti kampanye.Diantaranya, menggunakan fasilitas negara yang terkait dengan jabatannya untuk kepentingan pemenangan dalam Pilkada. Mereka dilarang menggunakan kewenangan, program, atau yang terkait dengan jabatannya yang dapat menguntungkan atau merugikan paslon di wilayah kemenangannya dan di wilayah lain.

Ia berharap aturan itu dapat menjadi perhatian bagi para legislator di Konsel. Apalagi, beberapa anggota DPRD di Konsel adalah pimpinan parpol, yang punya peran langsung dan basis yang besar untuk memenangkan kandidat atau paslon yang didukung partainya. (kam/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy