Gubernur Minta Pjs Bupati Memastikan Pilkada Aman – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Gubernur Minta Pjs Bupati Memastikan Pilkada Aman

KENDARIPOS.CO.ID — Delapan bupati dan empat wakil bupati tampil di Pilkada serentak 2020 di Sultra. Tujuh bupati dan empat wakil wajib cuti masa kampanye selama 71 hari. Sedangkan satu bupati, harus mundur dari jabatannya, yakni Bupati Muna Barat (Mubar), LM Rajiun Tumada yang tampil sebagai kontestan di Pilkada Muna.

Roda pemerintahan harus tetap berjalan meski ditinggal sementara pemiliknya (bupati). Empat daerah diisi pejabat sementara (Pjs) bupati yakni Kolaka Timur, Konawe Utara, Konawe Kepulauan dan Wakatobi. Mereka menjadi bupati sementara selama 71 hari. Sedangkan jabatan Bupati Kabupaten Buton Utara, Konawe Selatan dan Muna bakal diisi wakil bupatinya yang tidak tampil digelanggang Pilkada. Kapasitasnya sebagai pelaksana tugas (Plt) bupati.

Gubernur Sultra, Ali Mazi mengukuhkan empat pejabat sementara (Pjs) bupati. Mereka adalah Pjs Bupati Wakatobi, Aslaman Sadik, Pjs Bupati Konawe Kepulauan Muhammad Yusuf, Pjs Bupati Konawe Utara, Yusuf Mundu dan Pjs Bupati Kolaka Timur, La Haruna.

Gubernur Sultra, Ali Mazi mengingatkan para bupati sementara itu wajib bersikap netral selama penyelenggaraan Pilkada. Tugas Pjs Bupati yakni mengawal terwujudnya pemerintahan dan memfasilitasi terselenggaranya Pilkada serentak 2020. “Tugas ini hanya sementara. Pjs bupati ini bertugas memastikan tahapan Pilkada berlangsung aman dan penyelenggaraan pemerintahan tetap harus berjalan sebelum terpilihnya bupati dan wakil bupati definitif untuk masa jabatan 2020–2025 mendatang. Sikap netralitas mesti dikedepankan,” ujarnya usai pengukuhan Pjs Bupati di aula Merah Putih rumah jabatan Gubernur Sultra, Jumat (25/9) kemarin.

Politisi NasDem ini juga meminta Pjs bupati yang ditunjuk agar melanjutkan dan meningkatkan fungsi koordinasi sehingga penyelenggaraan fungsi-fungsi pemerintahan dilaksanakan secara transparan dan partisipatif. Selain itu, Pjs juga harus menjaga kondisi stabilitas Kamtibmas berkaitan dengan dinamika Pilkada serentak tahun 2020 di daerah masing-masing. “Sehingga aspirasi dan amanah rakyat dapat terwujud secara demokratis sesuai harapan kita semua,” ungkapnya.

Pjs Bupati menurut Gubernur Ali Mazi harus memperhatikan koordinasi dan menjaga hubungan harmonis antarstakeholder, terutama DPRD, unsur Forkopimda dan elemen masyarakat untuk menyinergikan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah. “Apalagi saat ini mulai memasuki pembahasan APBD perubahan tahun anggaran 2020, serta penyusunan APBD 2021. Untuk itu kedepankan transparansi dan akuntabilitas dalam mengelola keuangan daerah. APBD harus diutamakan untuk belanja publik guna peningkatan ekonomi masyarakat, pembangunan wilayah dan penyediaan layanan kepada masyarakat termasuk didalamnya terkait anggaran penanganan wabah covid 19,” tegas Ali Mazi.

Gubernur Sultra Ali Mazi mengungkapkan pengukuhan Pjs Bupati ini dilakukan agar tidak terjadi kekosongan pemerintahan demi kelancaran pelayanan publik selama petahana cuti kampanye Pilkada. “Penyelenggaraan pemerintahan harus dapat berjalan sesuai prosedur. Selain itu, pelaksanaan pembangunan dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat dapat berlanjut,” kata Ali Mazi.

Sementara itu, Pjs Bupati Konawe Kepulauan, Muhammad Yusuf mengaku akan menunaikan tugas dan instruksi dari Gubernur Sultra. Menurutnya, ini merupakan tambahan amanah yang dipercayakan kepada dirinya untuk dituntaskan sesuai amanah pimpinan dan peraturan perundang-undangan.

“Kita pasti akan bertindak netral. Tugas utama kami adalah membantu terselenggaranya Pilkada 2020 dengan baik dan tentu menciptakan kondisi Kamtibmas. Pesan gubernur akan kami tunaikan. Khususnya terkait pembahasan anggaran, kaitannya dengan percepatan penanganan covid-19,” ujar Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sultra itu. (rah/yog/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy