Gowes PNKJ Digelar 20 September 2020, Ini Rutenya – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Gowes PNKJ Digelar 20 September 2020, Ini Rutenya


KENDARIPOS.CO.ID — Pekan Nasional Keselamatan Jalan (PNKJ) tak hanya menjadi momentum kampanye keselamatan jalan. Namun juga kampanye transportasi aman dan sehat. Perhelatan gowes jelang peringatan Hari Perhubungan Nasional (Perhubnas) merupakan wadah kampanye transportasi sehat yang digaungkan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XVIII Sultra dan Kendari Pos.

Kepala BPTD Wilayah XVIII Sultra, Benny Nurdin Yusuf mengatakan gowes ini dilaksanakan sebagai wadah mengedukasi masyarakat akan transportasi ramah lingkungan. Selain itu gowes menjadi wadah kampanye menjaga stamina dan imu di tengah pandemi Covid-19. “Karena itu dalam puncak PNKJ ini kita akan mengadakan gowes namun tetap dengan pengetatan protokol kesehatan (Prokes),” ujar Benny Nurdin Yusuf kepada Kendari Pos, Kamis (17/9) kemarin.

Bukti BPTD menetapkan prokes Covid-19, peserta gowes dibatasi. Peserta wajib mengenakan masker dan kelengkapan bersepeda lainnya. “Peserta dibatasi untuk memberi ruang dalam upaya menjaga jarak,” ungkap Benny Nurdin Yusuf.

Selain kampanye transportasi aman dan sehat, BPTD XVIII Sultra dalam komando Benny Nurdin Yusuf ingin menginisiasi tradisi bersepeda bagi masyarakat Sultra dan menjadi gaya hidup sebagian masyarakat.

“Selain menjadi gaya hidup, bersepeda dapat menunjang kehidupan keseharian masyarakat. Misalnya, bersepeda ke kanto atau siswa bersepeda ke sekolah. Saat ini banyak siswa SMP dan SMA pakai sepeda motor. Padahal itu cukup berbahaya bagi anak di bawah umur. Mari budayakan bertransportasi aman dengan bersepeda. Selain ramah lingkungan, aman dan menyehatkan,” jelas Benny Nurdin Yusuf.

Gowes dalam pelaksanaan PNKJ ini sebagai upaya mendorong pemerintah daerah kabupaten dan kota agar membuat lajur sepeda. “Jadi kita berharap melalui kegiatan ini, ke depan ada lajur khusus sepeda khusus di Sultra. Hal ini demi kenyamanan bersama para pengendara. Sebab di kota-kota besar lainnya telah membuat lajur-lajur sepeda sesuai peraturan menteri,”terang Benny Nurdin Yusuf.

Sementara itu, Manajer Event Organizer (EO) Kendari Pos, Nursyamsi Abidin mengatakan puncak kegaitan PNKJ Sultra akan diawali dengan gowes para 20 September 2020, sekira pukul 06.00 Wita. Namun, karena pandemi, peserta gowes dibatasi. Hanya 10 goweser dalam satu komunitas. “Keseluruhan peserta tidak boleh lebih dari 200 orang,” ujarnya.

Sesuai rencana gowes PNKJ akan dibuka Gubernur Sultra, Dirjen Perhubungan Darat, serta dihadiri Forkopimda, beberapa kepala OPD dan bupati serta wali Kota se-Sultra. Masih kata Nursyamsi Abidin, usai gowes dilanjutkan upacara Harhubnas secara virtual. Setelah itu akan dilanjutkan dengan penyerahan hadiah lomba yang sudah dilaksanakan. “Hadiah utama gowes berupa sepeda, helm, dan beberapa souvenir lainnya. Lalu dilanjutkan dengan webinar,”pungkas Nursyamsi Abidin. (rah/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy