Gerakan Mari Membeli Produk UMKM Sultra Dilaunching – Kendari Pos
Nasional

Gerakan Mari Membeli Produk UMKM Sultra Dilaunching

KENDARIPOS.CO.ID — Serangan pandemi Covid-19 nyaris melumpuhkan semua sektor ekonomi. Daya beli masyarakat melemah hingga banyaknya para pekerja kehilangan mata pencaharian. Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Sultra turut terdampak pandemi.

eLFata Institute (Laode Farisi Tonda Institute) yang dinakhodai Abdul Rahman Farisi bersama Pemprov Sultra dan sejumlah tokoh Sultra hadir membangkitkan gairah ekonomi di Sultra melalui kampanye mari membeli produk UMKM.

Pendiri eLFata Institute, Abdul Rahman Farisi (lima dari kanan), Staf Ahli Menteri Koperasi dan UMKM Bidang Produktivitas dan Daya Saing, Herustiati (lima dari kiri), Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sultra, Muh Yusuf (empat dari kiri), Asisten III Pemkot Kendari, Agus Salim (empat dari kanan) dan anggota DPD RI, dr. Dewa Putu Ardika (enam dari kiri) saat launching Gerakan Mari Membeli Produk UMKM Sultra.

eLFata Institute melaunching Gerakan Mari Membeli Produk UMKM Sultra di Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT)Kuliner Sultra, akhir pekan lalu. Abdul Rahman Farisi (ARF) mengatakan gerakan yang dibangun ini bertujuan mengajak masyarakat, pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk peduli kepada pelaku UMKM. Salah satunya dengan membeli produk UMKM Sultra. Mengingat kondisi pandemi Covid-19 saat ini, omset penjualan para pelaku UMKM menurun signifikan.

“Mari kita pelan-pelan bangkit dengan menggerakkan ekonomi dari skala yang paling kecil yaitu dengan membeli produk UMKM, karena dengan membeli maka roda ekonomi akan berputar,” ujar Abdul Rahman Farisi kepada Kendari Pos.

Menurutnya kebangkitan ekonomi membutuhkan stimulan dari semua pihak, agar produk-produk pengusaha UMKM terjual. Penurunan omzet menggerakkan pihaknya untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat agar bisa mensupport dengan menjadi mitra usaha UMKM.

“Kalau tidak terbeli, biaya produksi mereka tidak tergantikan.Hadirnya pemerintah sebagai bukti bahwa semua prihatin dengan UMKM dan semua tergerak untuk memberdayakan mereka. Dukungan dan suport moral sangat dibutuhkan,” ungkap pria yang karib disapa ARF itu.

Launching gerakan membeli produk UMKM dihadiri Staf Ahli Menteri Koperasi dan UMKM Bidang Produktivitas dan Daya Saing, Herustiati, anggota DPD RI, RI, Dr. Dewa Putu Ardika, dan Amirul Tamim, anggota DPR RI, Rusda Mahmud serta Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sultra, Muh Yusuf. “Kita apresiasi kegiatan ini karena sangat membantu pelaku UMKM. Hal seperti ini yang harus kita lakukan dalam memulihkan perekonomian,” kata Herustiati.

Kata dia, wabah Covid-19 membuat UMKM tidak dapat menjalankan usaha secara maksimal sehingga banyak kebutuhan dasar tidak terpenuhi. “Kita harus melihat pelaku UMKM sebagai saudara kita sendiri. Kita harus memberdayakan UMKM, kegiatan ini merupakan awal yang baik,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Anggota DPD RI, Dr Dewa Putu Ardika, menuturkan berdasarkan kajian Kementerian Keuangan (KemenKeu) Covid-19 memberikan dampak perekonomian yang cukup besar. Ia pun menekankan agar seluruh pihak harus tolong menolong menghadapi sebuah masalah. “Negara wajib menunjukan keberpihakannya pada UMKM. Artinya harus hadir memberikan pembinaan, harus ada inisiatif proaktif dari negara,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sultra, Muh Yusuf mengatakan pemerintah provinsi selalu berupaya membantu memulihkan kondisi ekonomi daerah. “Kita bergerak mendorong bangkitnya sektor UMKM. Segala bentuk dukungan fasilitas mulai dari permodalan hingga pemasaran. Caranya dengan membantu akses pada platfom digital marketing dan peningkatan kapasitas pelaku UMKM,” ujarnya.

Mantan Kepala BPBD Kabupaten Buton Tengah ini mengungkapkan, ke depan Pemprov Sultra siap mengalokasikan anggaran melalui APBD dan mendorong pelaku UMKM memanfaatkan program pemulihan ekonomi nasional (PEN) mulai dari permodalan, memanfaatkan platform digital marketing serta akan mendorong pelaku UMKM menjadi mitra dalam pengadaan narang dan jasa. “Langkah tersebut diharapkan dapat mendorong peningkatan omset, pasar yang telah mengalami penurunan yang cukup parah sejak Pandemi Covid19,” ungkapnya. (m2/ade/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy