Gabungan Aparat dan Pegawai Lakukan Penertiban dan Kepatuhan Prokes – Kendari Pos
Kolaka Utara

Gabungan Aparat dan Pegawai Lakukan Penertiban dan Kepatuhan Prokes


KENDARIPOS.CO.ID — Aparat gabungan Tentara Nasional Indonesia (TNI), Polisi Republik Indonesia (Polri) dan Polisi Pamong Praja (Pol-PP) di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) mulai turun ke jalan melaksanakan penertiban dan kepatuhan pada protokol kesehatan (Prokes). Pada hari pertama tercatat ada pelanggar seorang oknum kepolisian hingga pegawai di lingkup Badan Pertanahan Nasional (BPN) setempat yang terjaring razia karena tak mengenakan masker.

Operasi Yustisi pendisiplinan dan penegakan hukum protokol kesehatan Covid-19 yang dilakukan tim gabungan di Kolut. Oknum aparat dan pegawai negeri terjaring karena tak menggunakan masker. Kegiatan serupa juga dilakukan di Kolaka dan dipimpin Wakapolres, Kompol Robert Silas Boroh

Kasat Pol PP Kolut, Ramang yang didampingi Kabag Ops Polres Kolut, AKP Aswar Anas dan Babinsa Rante Baru, Serda Ramli. S, menegaskan, penerapan sanksi sosial itu berlaku bagi semua pihak, tanpa terkecuali. Kemarin, mereka melakukan penertiban di Bundaran Kelapa dan Pasar Lacaria. “Ditegur, didata dan diberi sanksi sosial membersihkan rumput atau menyapu bahu jalan,” tegas Ramang, Senin (14/9).
Penerapan denda bagi warga tak memakai masker sebesar Rp 50 ribu atau bagi pengusaha yang mengabaikan Prokes senilai Rp 1,5 juta, tidak langsung diterpkan. Itu karena, peraturan tersebut belum menjadi Perda. Sehingga perlu tindak lanjut koordinasi dengan Kejaksaan dan Pengadilan, berikut pembuatan rekening khusus. “Nanti tiga kali melanggar baru didenda,”terangnya.

Ramang memastikan jika ada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tidak patuh termasuk menyiapkan tempat cuci tangan, maka kepala dinasnya yang disanksi sebagai pimpinan lembaga. “Semua tanpa terkecuali,” katanya menekankan.
Menanggapi ada seorang anggotanya yang terjaring razia, Kabag Ops Polres Kolut, AKP Aswar Anas, menegaskan, memang harus diberi sanksi. Ia mengaku marah, karena setiap hari diimbau, namun pada hari pertama justru anggotanya yang mengisi list pelanggar. “Pilihannya ada dua, push up atau membersihkan. Ini sanksi di lapangan dan belum akan kami hukum lagi di kantor,” tegas Aswar Anas.

Penegasan tersebut sambung kabag berlaku di seluruh toritorial Kolut. Semua yang masuk wilayah Bumi Patowonua wajib pakai masker dan tidak ada alasan lupa dan lainnya. “Operasi penertiban berlangsung hingga waktu yang belum ditetapkan. Kami dari Polri dan rekan TNI siap mem-back up di lapangan,” pungkasnya.

Sementara itu pihak Polres Kolaka juga menggelar Operasi Yustisi untuk pencegahan penyebaran Covid-19 pada Senin (14/9). Sebelum menggelar operasi, jajaran Polres Kolaka bersama dengan Personel Kodim 1412, Satpol PP dan BPBD menggelar apel konsolidasi dipimpin langsung Kapolres, AKBP Saiful Mustofa.

Wakapolres Kolaka, Kompol Robert Silas Boroh, terlihat memimpin langsung kegiatan tersebut di lapangan. Dalam operasi yang digelar di dua titik yaitu Jalan Pramuka dan Pasar Raya Mekongga, aparat menemukan masih saja ada warga maupun pengendara yang tidak mengenakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Kapolres Kolaka AKBP Saiful Mustofa melalui Paur Subbag Humas, Bripka Riswandi, mengungkapkan, dalam operasi tersebut pihaknya juga sekaligus melakukan sosilaisasi terkait Peraturan Bupati (Perbup) Kolaka Nomor 40 tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19. Kedepan pihaknya akan rutin melakukan operasi tersebut untuk menindak para pelanggar protokol kesehatan.

“Untuk saat ini yang melanggar tadi kami hanya beri sanksi sosial seperti menghapal pancasila dan lain sebagainya. Tapi kedepan sanksinya bisa saja lebih berat sesuai Perbup tersebut. Untuk itu kami meminta kepada semua warga agar selalu mengenakan masker saat beraktifitas di luar rumah. Ini demi kebaikan kita bersama,” pesan Riswandi. (b/rus/fad)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy