Enam Raperda Pajak Daerah Sah Jadi Perda – Kendari Pos
Metro Kendari

Enam Raperda Pajak Daerah Sah Jadi Perda

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir (kanan) menerima LHP atas LKPD Kota Kendari tahun 2019 dari BPK Perwakilan Sultra. Hasilnya, Pemkot berhasil mempertahankan raihan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

KENDARIPOS.CO.ID — Dalam menggenjot pembangunan, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari tak hanya mengoptimalkan fungsi pengawasan. Di sisi lain, dewan tetap menjalankan tugas fungsinya baik penyusunan anggaran maupun legilasi. Di bidang legislasi, tahun ini dewan telah menetapkan enam Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) menjadi Perda. Keenam Perda tersebut merupakan usulan Pemkot Kendari yaitu, pajak reklame, pajak air bawah tanah, pajak restoran, pajak hotel, pajak parkir, dan pajak hiburan akhirnya ditetapkan menjadi Perda.

Sebagai mitra, Pemkot Kendari selalu melibatkan DPRD dalam memantau program kerjanya. Tampak Wali Kota Kendari, Sulkarnian Kadir (tiga dari kiri), Ketua DPRD Kota Kendari, Subhan (dua dari kiri), Sekot Kendari, Hj Nahwa Umar (kiri) dan jajaran

Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) Ilham Hamra, mengungkapkan pembahasan sejumlah rancangan Perda telah berhasil dirampungkan. Totalnya, ada enam Perda menyangkut retribusi pajak. “Alhamdulillah, setelah kurang lebih sebulan lamanya kita bahas bersama pemkot, akhirnya bisa kita tetapkan menjadi perda. Nantinya Perda baru ini akan menjadi paduan kita dalam menagih wajib pajak,” ungkap politisi dari Partai Demokrat itu.

Dengan disahkan Perda ini, anggota Komisi I DPRD Kota Kendari itu berharap Pendapat Asli Daerah (PAD) bisa dioptimalkan tertuma dari sektor. “Mudah-mudahan perda baru ini bisa meningkatkan PAD kota dari sektor perpajakan yang kemudian bisa mengurangi beban keuangan pemkot yang saat ini sedang defisit,” kata Ilham.

Bukan hanya itu, DPRD siap membantu pemkot untuk memaksimalkan sumber-sumber PAD di Dinas Pertanian, Dinas Perikanan, Dinas Ketahanan Panggan, dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Kendari. Dewan siap bersinergi bersama empat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menata program kerja sehingga lebih inovatif untuk menunjang pendapatan daerah diberbagai sektor.

Ketua Komisi II DPRD Kota Kendari, Andi Sulolipu mengatakan, agar sistem kerja tidak monoton dan guna memperkuat OPD, utamanya mitra kerja Komisi II, pihaknya siap membantu dan bekerja sama untuk menghasilkan program baru yang bisa menjadi pendapatan baru untuk daerah. “Penataan program inikan tujuanya baik, sehingga nanti alokasi anggaran yang bersumber dari APBD dapat ditunjang juga dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi semua sektor,” jelasnya.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuagan (PDI-P) ini mengungkapkan, sebagai bentuk keseriusan, pihaknya siap membantu empat OPD ini mencari dana di pusat yaitu APBN, jika sumber APBD untuk menjalankan program kerja tidak cukup. “Intinya DPRD khususnya komisi II hanya ingin menjalankan fungsi pengawasan dan penggangaran yang wajib mengawal program Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari agar lebih meningkatkan pertumbuhan ekonomi didalam kondisi Coronavirus disease 2019 (Covid-19),” tuturnya.

Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir menyambut baik upaya dewan yang mau membantu pihaknya dalam melaksanakan program pemerintah. “Pendampingan yang diberikan dewan tentunya sangat membantu kami dalam upaya pelaksanaan berbagai program, terutama untuk meningkatkan PAD (pendapatan asli daerah),” tuturnya.

Sulkarnain mencontohkan saat ini pihaknya fokus mencari sumber PAD baru, misalnya dengan mengupayakan pemungutan pajak di Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) yang bakal dilaksanakan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan. Nah, dengan adanya pendampingan dari dewan, sambung dia, tentu akan menjadi suatu kesatuan yang bisa diketahui oleh para wajib pajak. “Bahwa benar, apa yang kami lakukan itu sah, sesuai aturan ada aturannya dan untuk meningkatkan pendapatan daerah untuk pembangunan,” kata Sulkarnain. (b/adv/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy