Dukung Aktivitas PJJ, Telkomsel Hadirkan Combat 4G di Desa Ranomentaa Kolaka – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

Dukung Aktivitas PJJ, Telkomsel Hadirkan Combat 4G di Desa Ranomentaa Kolaka

Combat 4G Telkomsel yang didirikan di Desa Ranomentaa, Kecamatan Toari, Kabupaten Kolaka.

KENDARIPOS.CO.ID — Sejak aktivitas belajar siswa dialihkan ke sistem daring (online), berbagai kendala dikeluhkan terutama kendala jaringan. Permasalahan ini seringkali dialami baik oleh siswa maupun guru di daerah pelosok.

Beberapa waktu lalu, sejumlah siswa dan pengajar di Desa Ranomentaa, Kecamatan Toari, Kabupaten Kolaka mengeluhkan sulitnya mengakses jaringan internet untuk memenuhi kebutuhan selama proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Mereka harus ke dataran tinggi bahkan terpaksa memanjat pohon setiap kali membutuhkan akses jaringan.

“Ini adalah salah satu contoh perjuangan kami untuk mengikuti pembelajaran online. Di desa kami sangat sulit untuk mendapatkan jaringan Telkom. Kami harus mendaki gunung. Mohon bantuan dari pemerintah untuk jaringan Telkom,” tulis Asmita Ita salah satu siswi Kecamatan Toari, di akun media sosialnya, beberapa waktu lalu.

Beruntung, Telkomsel sigap menanggapi keluhan-keluhan tersebut. Tak berselang lama sejak persoalan ini diketahui oleh pihak Telkomsel, sebuah Combat (Compact Mobile Base Stasion) 2G dan 4G yang berfungsi sebagai pemancar sementara, didirikan di Desa Ranomentaa.

“Combat berfungsi untuk mempercepat pelayanan signal di daerah yang belum ada coverage dan event yang butuh kapasitas agar pelayanan pelanggan terjaga,” ujar Manager Network Service Telkomsel Kendari, Teksan Ismail, kemarin.

Dijelaskan, hadirnya Telkomsel di Desa Toari merupakan komitmen Telkomsel dalam membuka isolasi telekomunikasi di berbagai pelosok daerah. Combat setinggi 15 meter tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat. Selain untuk berkomunikasi, fasilitas jaringan itu juga nantinya bisa dimanfaatkan untuk menunjang potensi desa.

“Harapannya, semoga bisa membantu aktivitas warga, baik bisnis, pendidikan, maupun perkantoran. Terutama dalam menggerakkan ekonomi warga di Desa Ranomentaa menjadi lebih baik lagi,” imbuhnya.
Ia menambahkan, hingga saat ini Telkomsel telah mendirikan 29 Combat dan 3.665 Base Transmition Station (BTS) di seluruh wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra). Terdiri dari 1.286 BTS 2G, 536 BTS 3G, dan 1.843 BTS 4G.
“100 persen BTS tersebut di telah dicover 4G. Di Sultra ada beberapa Combat, dimana implentasinya sangat cepat dibanding pemancar permanen. Jika dari segi bisnis sudah layak, Combat akan diganti dengan pemancar permanen,” tutupnya. (uli/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy