Dua Tahun Kepemimpinan AMAN, Manifestasi Sultra Produktif, Sehat dan Cerdas – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Dua Tahun Kepemimpinan AMAN, Manifestasi Sultra Produktif, Sehat dan Cerdas

KENDARIPOS.CO.ID — Sudah dua tahun duet Gubernur Sultra Ali Mazi dan Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas memimpin. Dalam rentang waktu dua tahun itu, duet berakronim Aman itu sudah menorehkan karya pembangunan. Karya itu dipaparkan Ali Mazi seorang diri tanpa kehadiran Lukman Abunawas dalam ekspos dua tahun Aman. Ekspos pembangunan Aman dengan tema “Sukses membangun Sultra” bergema di Claro Hotel Kendari, Sabtu (5/9). Gubernur Sultra Ali Mazi mengatakan sebagai pemegang mandat rakyat Sultra, ia dan tandemnya Lukman Abunawas patut melakukan evaluasi dan melaporkan capaian atau progres yang telah dicapai kepada masyarakat luas.

“Ekspose ini berperan sebagai cermin untuk melihat respons dan tanggapan masyarakat. Kelebihan dan kekurangan terhadap kebijakan dan tindakan nyata penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan publik. Cermin tersebut akan menjadi umpan balik bagaimana langkah-langkah perbaikan pada tahun yang akan datang,” ujar Alui Mazi.

Ali Mazi juga memaparkan capaian tiga program unggulan dalam ekspose dua tahun Aman memimpin Sultra. Termasuk capaian program prioritas yang tersebar di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD). “Program unggulan tersebut untuk memenuhi kebutuhan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, serta diharapkan dapat memberi multi efek untuk mendorong percepatan pembangunan sektor lainnya,” jelas Ali Mazi.

Tiga program unggulan yang dimaksud itu adalah pembangunan jalan pariwisata Kendari–Toronipa sebagai manifestasi program Sultra Produktif. Kedua, pembangunan Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah bertaraf internasional sebagai manifestasi program Sultra Sehat. Ketiga adalah proyek pembangunan perpustakaan modern sebagai manifestasi program Sultra Cerdas. “Sebagian besar pelaksanaan program prioritas maupun unggulan berjalan lancar. Semua OPD telah melaksanakan dan kewajibannya sesuai amanah RPJMD,” ungkap Ali Mazi.

Politisi NasDem itu menerangkan, khusus pelaksanaan program unggulan hingga tahun kedua tetap berjalan dengan baik. Pemprov Sultra menggandeng Ikatan Arsitektur Indonesia (IAI) Sultra dan menggelar sayembara masterplan kawasan Toronipa yang dimulai pada bulan Juni dan akan berakhir September ini. Menurut Ali Mazi, pembangunan dimulai dengan membangun akses jalan pada September 2019 sebanyak 4 jalur jalan dengan panjang 4 kilometer. “Pembangunan tersebut menelan anggaran dari APBD Sultra sebesar Rp 144 miliar,” kata Ali Mazi.

Akses jalan Kendari-Toronipa direncanakan 14,6 kilometer. Pembangunan lanjutan telah dimulai setelah permohonan pinjaman disetujui oleh PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI). “Pengerjaannya telah dimulai, dan diperkirakan rampung tahun 2021 mendatang,” imbuh Ali Mazi.
Pembangunan gedung perpustakaan modern juga telah melewati dua tahapan. Progres tahap kedua telah mencapai 76 persen. Pengerjaan struktur gedung 7 lantai telah rampung, dan kini sudah masuk tahap pemasangan instalasi, kaca gedung, dan pengecoran kubah. “Diperkirakan Desember tahun ini selesai, dan tahun depan bisa digunakan,” tambahnya.

Terakhir adalah pembangunan gedung Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah. Tahap satu sebanyak 4 lantai dengan total anggaran Rp 94 miliar sudah tuntas. “Sedangkan tahap dua tahun 2020 dalam proses karena menunggu pencairan dana dari PT Sarana Multi Insfrastruktur,” kata Ali Mazi. Gubernur menjelaskan, keseluruhan proyek pembangunan itu akan menelan anggaran Rp 400 miliar. Konstruksi bangunan sekria 17 lantai, di desain megah, fasikitas lengkap dan akan menjadi rumah sakit rujukan khususnya di Indonesia Timur. “Pembangunan Rumah Sakit Jantung ini akan digenjot setiap tahun hingga selesai tepat waktu pada tahun 2022,” ucapnya.

Ali Mazi menyadari, masih banyak kekurangan dalam kepemimpinannya bersama Lukman Abunawas sehingga masih perlu adanya perbaikan. “Bahkan sejak periode pertama saya telah memikirkan bagaimana daerah kita maju dan sejajar dengan daerah -daerah lain di Indonesia yang lebih maju. Pikiran tersebut tercurah pada bagaimana konsep dan strategi membangun daerah ini yang dikemas dalam program strategis Garbarata. Yang tertuang dalam visi dan misi kami melalui tindakan nyata, “ucapnya.

Ali Mazi secara pribadi merasa tidak lengkap karena memaparkan progres pembangunan dua tahun Aman tanpa kehadiran Wagub Sultra, Lukman Abunawas. Bagi Ali Mazi, Lukman Abunawas bukan hanya sebagai wakilnya memimpin Provinsi Sultra tetapi sekaligus saudara dan sahabat seperjuangan. “Saya mengajak kepada kita semua, mari bersama mendoakan agar beliau (Lukman Abunawas,red) dapat segera pulih dan dapat kembali beraktivitas seperti biasa bersama-sama kita semua,” kata Ali Mazi. (rah/yog/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy