DKPP Minta Kendari Pos Pantau KPU dan Bawaslu – Kendari Pos
Nasional

DKPP Minta Kendari Pos Pantau KPU dan Bawaslu


KENDARIPOS.CO.ID — Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI menjadi lembaga pengadil bagi oknum penyelenggara pemilihan yang terbukti melanggar kode etik. Tak sedikit karier oknum komisioner KPU dan Bawaslu tamat di tangan DKPP RI.

Anggota DKPP RI, Didik Supriyanto mengakui kontestasi demokrasi baik Pemilu maupun Pilkada tidak sedikit dinodai bayang-bayang kecurangan. Oknum komisioner KPU dan Bawaslu kerap kali menghadirkan gerakan tidak independen dalam menjalankan tugas.

Anggota DKPP RI, Didik Supriyanto (tengah), Direktur Kendari Pos, La Ode Diada Nebansi (dua dari kiri), Pemimpin Redaksi Kendari Pos, Inong Saputra (dua dari kanan) dan Nasir Idris (kiri) usai diskusi dalam kunjungan silaturahmi DKPP RI di Graha Pena Kendari Pos, Jumat (25/9) kemarin

Menurut Didik Supriyanto, peran media massa sangat sentral dalam menyoroti atau mengkritik KPU maupun Bawaslu ketika menemukan gejala jejak inprosedural ketika menjalankan tugas. Namun kritik kerasnya tetap bersifat konstruktif. Untuk mencegah jatuhnya penyelenggara pemilihan pada lubang kecelakaan demokrasi. Yang imbasnya bisa merusak tatanan sistem demokrasi, baik pilkada maupun pemilu.

“Kami sangat membutuhkan peran media massa, khususnya Kendari Pos untuk menggaungkan berbagai aktivitas KPU maupun Bawaslu. Sehingga benar-benar terlihat terang dan cerah dimuka publik. Dengan demikian masyarakat dapat menilai kinerja mereka,” ujar Didik Supriyanto kepada Direktur Kendari Pos Laode Diada Nebansi dan Pemimpin Redaksi Kendari Pos Inong Saputra saat berkunjung ke Graha Pena Kendari Pos, Jumat (25/9) kemarin.

Didik Supriyanto menjelaskan, pada dasarnya DKPP bersifat pasif. Artinya DKPP tidak bisa bergerak atau memroses suatu masalah tanpa ada laporan (aduan). Jika terjadi pelanggaran baik dilakukan oknum KPU atau Bawaslu maka harus ada yang melapor. Tujuannya agar DKPP segera menindaklanjuti laporan tersebut.

“Di sini peran media massa kembali saya tegaskan bahwa sangat penting. Ketika terjadi masalah dan dipublish media maka bisa menstimulus masyarakat untuk mengambil sikap. Atau terdorong membuat sebuah laporan dan diadukan ke DKPP. Jadi kami sangat berharap sinergi dengan Kendari Pos dalam memantau atau mengawasi pergerakan penyelenggara pemilihan (KPU dan Bawaslu). Sehingga independensi mereka senantiasa bisa terjaga,”ungkap Didik.

Pada sisi lain, sikap mandiri atau independen dua penyelenggara pemilihan tersebut (KPU dan Bawaslu) sangat penting untuk terwujudnya pilkada berjalan demokratis. “Peran KPU dan Bawaslu sangat menentukan keberhasilan terselenggaranya pesta demokrasi berjalan dengan baik. Titik utamanya terletak pada kepatuhan kode etik yang diemban atau yang diamanahkan kepada masing-masing institusi penyelenggara pemilihan (KPU dan Bawaslu),” terang Didik Supriyanto.

Bagi Didik, jika KPU dan Bawaslu bekerja secara murni berpedoman pada kode etik yang telah digariskan, maka peluang besar terlaksananya pilkada yang prosedural dan sukses. “Di samping itu, sangat penting KPU dan Bawaslu agar bersifat mandiri dalam menjalankan tugas-tugasnya. Tidak mudah termakan rayuan oleh oknum-oknum tertentu atau terprovokasi isu negatif yang dapat mengganggu stabilitas kerja,”kata Didik Supriyanto.

Sementara itu, Direktur Kendari Pos La Ode Diada Nebansi menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas kunjungan anggota DKPP RI, Didik Supriyanto ke Graha Pena Kendari Pos. Ini merupakan sebuah kehormatan terbesar yang sangat bermanfaat untuk lebih membuka cakrawala berpikir yang berkaitan dengan tupoksi DKPP RI.

Mantan Pemimpin Redaksi (Pemred) Kendari Pos itu, harian Kendari Pos sangat terbuka kepada semua elemen yang berniat menjalin sinergi dan silaturahmi. Terlebih pada persoalan publik yang sangat fundamental dan urgen. “Kami senantiasa membuka diri. Kami siap mendukung kinerja DKPP RI sesuai peran kami sebagai media massa,”kata La Ode Diada Nebansi. (m6/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy