Dikmudora Kota Kendari Gagas Satu PAUD, Satu Kelurahan – Kendari Pos
Edukasi

Dikmudora Kota Kendari Gagas Satu PAUD, Satu Kelurahan

Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Dikmudora Kota Kendari, Makmur, bersama mantan Kadis Dikmudora Kota Kendari Sartini Sarita beberapa waktu lalu

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari sangat peduli dengan pendidikan anak usia dini. Makanya, selain memaksimalkan fasilitas, lembaga yang dinakhodai Makmur ini membuat terobosan program satu PAUD, satu kelurahan. Program ini dinilai tepat supaya pendidikan merata.

Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Dikmudora Kota Kendari, Makmur mengungkapkan, rencana ini sesuai amanat undang-undang yang tercantum dalam peraturan pemerintah (PP) Nomor 18 tahun 2018. Disitu dijelaskan, setiap kabupaten/kota harus mengupayakan ketersediaan layanan PAUD paling sedikit setiap desa atau kelurahan minimal satu PAUD.

“Hal inilah yang sementara kita upayakan untuk menyediakan layanan pendidikan merata. Selain itu, hal ini juga untuk melatih kesiapan peserta didik agar mereka lebih siap ketika memasuki jenjang SD. Sehingga mereka bisa menyesuaikan diri,” kata Makmur kepada Kendari Pos, kemarin.

Lanjut dia, guna mensukseskan program ini, pihaknya tengah merancang Peraturan Wali Kota (Perwali ) terkait keharusan anak-anak yang berusia 4-6 tahun untuk menjajaki tahapan awal di masa pendidikan. Minimal satu tahun pra sekolah. “Kalau setiap kelurahan sudah ada PAUD-nya (diperkuat dengan Perwali), maka tidak ada alasan bagi orang tua untuk tidak mengikutkan anaknya yang berusia 4-6 tahun di PAUD,” terangnya.

Lebih jauh Mahmur menjelaskan, berdasarkan data Dapodik yang dirilis setiap tahun, jumlah PAUD di Kota Kendari sebanyak 174. Terdiri dari enam TK Negeri, 107 TK Swasta, 62 Kelompok Bermain (KB), Empat Tempat Penitipan Anak (TPA) dan Satu Satuan PAUD sejenis.

“Saat ini, ada 8 kelurahan di Kota Kendari belum memiliki PAUD, yakni Kelurahan Purirano, Kelurahan Kandai dan Kelurahan Mangga Dua yang berada di Kecamatan Kendari Barat. Kemudian, di Kelurahan Anggilowu Kecamatan Mandonga. Lalu Kelurahan Anawoi Kecamatan Kadia. Setelah itu Kelurahan Punggaloba dan Sanua di Kecamatan Kendari Barat. Terakhir Kelurahan Condonggeu, Kecamatan Nambo,” bebernya. (idh)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy