Didukung Dokter, Rusman Klaim Makin Kuat – Kendari Pos
Politik

Didukung Dokter, Rusman Klaim Makin Kuat

KENDARIPOS.CO.ID — Dua seteru lama dalam politik elektoral di Muna bersatu pada Pilkada 2020. Itu setelah mantan Bupati Muna periode 2010 – 2015 dr. Baharuddin memutuskan mendukung LM. Rusman Emba-Bachrun Labuta. Bersatunya mantan rival di Pilkada Muna 2015 itu dianggap mampu mengubah konstelasi politik saat ini.

Dokter-sapaan akrab dr. Baharuddin menyatakan dukungan dihadapan Rusman-Bachrun dan pendukungnya. Baharuddin berharap pilihannya tersebut bisa diterima pendukungnya. “Mungkin banyak yang tidak menyangka. Tetapi percayalah bahwa ini adalah keputusan terbaik,” kata dihadapan pendukungnya.

Calon Bupati Muna LM. Rusman Emba saat menyapa pendukungnya di Pelabuhan Nusantara Raha.

Dukungan Pilkada 2020 jatuh ke Rusman, bukan Rajiun karena menurut dia, kepemimpinan politik dan pemerintahan di daerah tidak cukup berhasil jika hanya satu periode. Ada beberapa fase dalam lima tahun pemerintahan bagi seorang kepala daerah. Di antaranya tahun pertama dan kedua harus melakukan identifikasi masalah, potensi dan solusi dalam pembangunan. Tahun ketiga dan keempat baru bisa menjalankan program dengan efektif.

Sedangkan tahun kelima sudah diperhadapkan lagi dengan momentum politik. Ia berpendapat, seorang kepala daerah harus diberi kesempatan dua periode agar bisa mewujudkan visi misinya dan merealisasikan program kerjanya. “Saya seorang mantan Bupati, jadi sangat mengerti dengan kondisi ini,” paparnya.

Keputusannya mendukung Rusman juga diambil untuk memberikan pelajaran politik kepada masyarakat. Perbedaan pilihan bukan berarti harus mengesampingkan kepentingan umum. Terlebih, dalam politik tidak ada dendam dan lawan yang abadi. Dirinya bersama Rusman tidak memiliki masalah pribadi, selain hanya perbedaan politik pada Pilkada 2015 lalu. “Kami berdua tidak ada masalah pribadi, hanya perbedaan politik,” urainya.

Dokter meminta agar Pilkada dijaga dari kerawanan sosial. Kepada Rusman, ia meminta menjaga kondusifitas daerah. “Jangan mudah terpancing. Biarkan pihak lain melakukan sesuatu, kita tetap harus menyikapinya dengan bijak ” pesannya.

Sementara itu, Calon Bupati Muna petahana, LM Rusman Emba mengapresiasi sikap negarawan Dokter yang menempatkan kepentingan daerah lebih utama. Menurutnya, dukungan Dokter merupakan energi besar yang menambah kekuatannya di Pilkada. Dirinya kini semakin optimis bisa memenangkan Pilkada. “Sudah saatnya kita bersatu untuk kemajuan daerah. Muna harus dibangun bersama dengan ikhlas dan pengabdian tanpa batas,” imbuhnya.

Pengamat Politik dari UHO, Najib Husain menerangkan dukungan Dokter sangat signifikan menambah kekuatan Rusman Emba. Menurutnya, Dokter masih memiliki pengaruh kuat bagi loyalisnya. Apalagi, Rusman sangat membutuhkan sokongan kekuatan dari Dokter untuk menambah jarak elektabilitasnya dengan Rajiun.

“Akan ada 60 persen suara Dokter yang akan ikut mendukung Rusman. Jumlah itu sangat berarti karena rivalitas Rusman dan Rajiun sangat tipis di Pilkada Muna,” argumentasinya. Najib menilai, alasan Dokter mendukung Rusman tidak bisa dipisahkan dari hasil Pilcaleg 2019 lalu. Dokter merasa ditinggalkan Rajiun sehingga memilih berseberangan di Pilkada 2020. Meski demikian, menurut Najib keputusan Dokter itu tidak akan 100 persen membuat pendukungnya ikut berjuang memenangkan Rusman. (ode/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy